Rute Balap Sepeda Asian Games 2018 Lintasi Purwakarta

Rute Balap Sepeda Asian Games 2018. Ist

Rute Balap Sepeda Asian Games 2018. Ist

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu daerah yang akan dilintasi balap sepeda Asian Games 2018. Tak tanggung-tanggung, 32 KM jalan raya yang ada di wilayah ini akan jadi rute balap tersebut.

Tak heran jika sebanyak 252 personil dan 147 kendaraan pengawal Satuan Tugas Keamanan Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran Lalulintas (Satgas Kamtibselcarlantas) Polda Jabar diterjunkan dalam pengamanan rute balap sepeda Asian Games 2018 tersebut.

”Kegiatan akan digelar selama tiga hari, 22-24 Agustus 2018 mendatang. Rute yang dilintasi sekitar 145 KM masuk dalam tiga wilayah yaitu, Subang, Purwakarta dan Karawang, namun untuk atlet balap speda perempuan hanya melintasi wilayah Subang dan Purwakarta,” ujar Dirlantas Polda Jabar Kombes Prahoro Tri Wahyono, usai apel persiapan dan pengecekan personil yang digelar di Posko Cikopo Purwakarta, Kamis(2/8).

Rencananya, ruas jalan nasional akan ditutup total selama 3 jam sejak dimulainya balap sepeda pada pukul 10.00-13.00 WIB. Polda Jabar akan berkoordinasi untuk pengalihan arus lalu lintas tersebut baik dengan pihak pengelola jalan tol maupun instansi terkait lainnya.

”Untuk pengamanan pada rawan kecelakaan dan rawan kemacetan, kita libatkan satuan polres dengan masing polres mengerahkan tiga perempat kekuatanya sehingga jarak setiap 50 meter dijaga polisi,” katanya.

Prahoro menjelaskan, bahwa seluruh jajaranya sudah siap untuk mengamankan kelancaran balap sepeda dengan peserta dari 38 negara itu. Di lain pihak, Kapolres Purwakarta AKBP Twedi Aditya Bennyahdi, mengatakan, pihaknya siap mengamankan rute balap sepeda.

Meskipun, lomba ini tuan rumahnya di Kabupaten Subang, tapi lintasannya melewati Purwakarta juga. Untuk agenda itu, Polres Purwakarta, bakal terjunkan 679 personel pengamanan.

”Jadi, rute yang melintasi Purwakarta ini, mulai dari Kecamatan Cibatu (perbatasan Subang), Campaka, Sadang lalu ke Cikopo, Kecamatan Bungursari,” ujar Twedi, kepada awak media.

Menurutnya, berdasarkan laporan panitia balap sepeda, untuk atlet laki-laki panjang lintasannya mencapai 32 kilometer. Meliputi jalur tengah Subang-Purwakarta. Kemudian, untuk atlet perempuan lintasannya sepanjang 13 kilometer. Karena itu, pihaknya akan mengerahkan ratusan personel untuk mengamankan balap sepeda ini.

Tak hanya dari polri, petugas yang mengamankan perhelatan ini dari berbagai instansi lainnya. Seperti TNI, dishub sampai satpol PP.

”Jalan raya yang dilintasi atlet sepeda se Asia ini, nantinya akan steril dari kendaraan selama lomba berlangsung,” ujar Twedi.

Terkait dengan keselamatan para peserta lomba, lanjut Twedi, pihaknya akan menyebar anggota di sepanjang jalur rawan kecelakaan. Termasuk, persimpangan ruas jalan. Serta, gang atau persimpangan yang jadi titik keluar masuknya kendaraan.

(RK/gan/pojokjabar)


loading...

Feeds