Mimpi Nonoman Muda Jadi Pengusaha Ciptakan Lapangan Kerja, Akan Terwujud …

Kegiatan Gema Sunda./Foto: Ade

Kegiatan Gema Sunda./Foto: Ade

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA– Demi meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama kalangan pemuda, DPC Gerakan Masyarakat Sunda (Gema Sunda) Cibatu memeberikan modal usaha ternak perikanan.

Menurut pembina Gema Sunda Cibatu, Ade Winanto, banyak pemuda memiliki tekad berwirausaha namun terkendala modal.

Sehingga tekad para pemuda menciptakan lapangan kerja terkendala.

Baca:

Akhirnya hanya menjadi mimpi yang tak pernah menjadi kenyataan.

“Banyak para nonoman muda bermimpi ingin menjadi pengusaha sukses, kami berusaha meberikan peluang agar mimpinya menjadi kenyataan. Dengan tekad yang kuat, ulet, rajin dan jujur Insya Allah mimpinya akan menjadi nyata,” ujar kang Ade yang didampingi ketua DPC Gema Sunda Abay Cakrabuana, saat usai meninjau tempat budidaya ikan di Desa Cipinang Kecamatan Cibatu kepada wartawan.

Di tempat yang sama, ketua DPC Gema Cibatu menambahkan bahwa kegiatan hari ini untuk memonitor bantuan modal usaha yang telah diberikan untuk budidaya ikan kepada nonoman muda di Desa Cipinang.

“Tadi kami dan pembina gema sunda cibatu termasuk kang Ade, melihat sejauh mana perkembangan modal usaha yang diberikan kemudian dimanfaatkan oleh nonoman muda gema sunda Cipinang. Kami monitor perkembangannya usahanya sambil menyerahkan pakan ikan, hinggapp nanti nonoman muda bisa mandiri menjalankan usahanya,” tambah Abay, dilokasi budidaya ikan.

Gema Sunda bertekad  membangun perekonomian untuk para pemuda yang memiliki mimpi dan tekad kuat usaha apapun.

Seperti yang sudah dijalankan, ternak domba, ternak unggas, warung bersama kemudian saat ini mengambangkan budidaya ikan.

“Kita tidak hanya terpaku kepada ekonomi semata, tapi ada seni yaitu melestarikan kebudayaan-kebudayaan sunda dan yang tak kalah penting yaitu kegiatan keagamaan. Untuk kegiatan keagamaan, alhamdulillah kita turun ke pengajian-pengajian milik ustadz-ustadz yang ada di perkampungan sambil membagikan Al-Qur’an dan Kurma untuk takjil anak-anak yang sedang mengaji,” beber Abay.

Menurut Iwan (27), penerima bantuan modal usaha memang selama ini dirinya bermimpi ingin menjadi pengusaha budidaya ikan yang sukses. Namun terkendala oleh modal, ada buat beli bibit ikan tidak ada buat beli jaring apung dan pakan.

“Modalnya terbatas cuma bisa beli bibit ikan, padahal budidaya ikan sangat terbuka lebar dengan potensi alam berupa perairan yang kami miliki cukup luas. Beruntung saya mendapat bantuan dari Gema Sunda Cibatu, diberi jaring apung kemudian juga pakan ikannya sehingga saat ini bisa beternak ikan Mas dan Nila,” kata Iwan, dengan wajah berseri-seri.

(Adw/pojokjabar)


loading...

Feeds