Ngeri! Ketua LSM-GMPB Menduga Ada Pencemaran Lingkungan Limbah B3 di Purwakarta

Ketua LSM GMPB Asep Saepudin (berpeci hitam), saat audensi di PT. Wintextile

Ketua LSM GMPB Asep Saepudin (berpeci hitam), saat audensi di PT. Wintextile

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA– Diduga ada pelanggaran hukum mengenai pengolahan limbah B3 di perusahan PT. Wintextile Purwakarta. Hal itu terkuak saat Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Peduli Bangsa (LSM-GMPB) melakukan audensi dengan pihak perusahaan, Rabu (21/03).

Menurut ketua LSM-GMPB, Asep Saepudin bahwa ada dugaan pencemaran lingkungan, hal ini berkaitan dengan masalah pembakaran limbah B3 karena batu bara dibakar dengan lumpur yang masih basah.

“Akibat dari kondisinya masih basah dengan nilai kalorinya yang rendah, sehingga pembakarannya tidak sempurna (Gas Pembakaran Dioxide).
Senyawa yang bilangan oksidanya bukan bilangan stabil. (Dioxidenya CO, CO lebih reaktif karena O nya 1 bukan 2. Sama seperti NO, SO2, tidak seperti CO2 umum dan stabil. Hal ini tentunya dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan manusia,” terang Asep, melalui sambungan seluller.

Atas dasar itu, LSM GMPB akan melaporkan dugaan pelanggaran lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan PT.Wintextile ke intansi yang berwenang.

Baca juga: Mengulik Kisah 10 Stilasi Peringatan Jejak-Jejak Peristiwa Bandung Lautan Api

“Pihak perusahaan tidak transparan dalam menunjukan lokasi pembakaran (sludge IPAL) dan proses pengeringan Sludge sebelum dibakar. Akan kami laporkan ke Kementrian Lingkungan Hidup dan pihak Kepolisian, atas dugaan tindak kejahatan lingkungan hidup,” tambah Asep.

Dalam audensi tersebut, hadir dari pihak kepolisian Polsek Jatiluhur juga dari perwakilan pihak perusahaan Wintextile.

“Intinya Pak kapolsek juga mendukung upaya yang kita lakukan, karena membantu pihak kepolisian untuk mengetahui masalah perusahaan-perusahaan bermasalah dengan lingkungan hidup di wilayah hukum Polsek Jatiluhur,” tutup Asep mengakhiri pembicaraan.

(Adw/pojokjabar)


loading...

Feeds