Puluhan Peternak Ikuti Pelatihan Pengolahan Kotoran Hewan Ternak yang Diselenggarakan PT. Hino Kerja Bareng Dinas Peternakan

drh. Sri Wuryasturati Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Purwakarta, saat memberikan materi kepada puluhan kelompok peternak dalam pelatihan pemanfaatan limbah kotoran ternak dijadikan bio gas dan pupuk cair, kerja bareng dengan PT. Hino

drh. Sri Wuryasturati Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Purwakarta, saat memberikan materi kepada puluhan kelompok peternak dalam pelatihan pemanfaatan limbah kotoran ternak dijadikan bio gas dan pupuk cair, kerja bareng dengan PT. Hino

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Puluhan para anggota Kelompok Tani Peternak mengikuti acara pelatihan pengolahan limbah peternakan terpadu, yang diselenggarakan oleh PT. Hino Motor yang bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta.

Pada kesempatan tersebut hadir Executive general manager PT. Hino Bagas Krisnamurti yang membuka acara pelatihan, dalam sambutannya Bagas menyampaikan bahwa pelatihan yang diselenggarakan bekerjasama dengan Dinas Peternakan tersebut merupakan kepedulian pihak perusahaan kepada warga masyarakat Purwakarta.

“Semoga pelatihan pengolahan limbah peternakan terpadu ini bisa bermanfaat dan dimanfaatkan secara maksimal oleh para peserta, yang selanjutnya bisa diterapkan di lingkungan masing-masing baik diolah sebagai bio gas maupun pupuk cair untuk pertanian,” terang Bagas.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR), sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap lingkungan.

Selain itu pihak perusahaan juga menghadirkan pembicara yang mumpuni didalam bidangnya, yaitu Mimi Rohaeni, SPt, MM dan drh. Yusni MP ( Widyaiswara) dari balai pelatihan ketahanan pangan dan peternakan Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut kedua narasumber memaparkan cara membuat pupuk cair dan bio gas sederhana dari limbah kotoran hewan ternak, dihadapan puluhan peserta dari berbagai kecamatan yang ada di Purwakarta.

Masih ditempat yang sama, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan drh. Sri Wuryasturati atau yang biasa dipanggil dr. Ita mengatakan kegiatan pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat. Karena limbah kotoran hewan yang selama ini selalu dipandang sebelah mata oleh para peternak, bisa sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari dengan teknologi sederhana yang tepat guna. Baik untuk dimanfaatkan sebagai bio gas maupun pupuk cair.

“Pasti sangat bermanfaat pelatihan ini, bio gas bisa digunakan untuk kebutuhan masak sehari-hari. Kemudian pupuk cair dari limbah kotoran hewan bisa menggantikan pupuk kimia yang selama ini digunakan para petani, agar tanah-tanah pertanian kembali subur saat petani beralih ke pupuk cair dari limbah hewan peternakan,” beber dr. Ita.

Kegiatan pelatihan tersebut dipusatkan di Istora Jatiluhur, dengan jumlah peserta dari berbagai Kecamatan yang ada di Purwakarta.

“Peserta kelompok tani peternaknya merupakan binaan dinas peternakan, mereka dari kelompok peternak Kecamatan Sukasari, Bungursari, Cibatu, Sukatani, Jatiluhur dan Tegalwaru, jumlah totalnya sekitar 50 orang peserta,” pungkas dr. Ita (Adw)


loading...

Feeds

Ayi Hambali (kemeja hijau) dan tim tengah melakukan pendaftaran di kantor KPU Jawa Barat di Bandung. Foto: Dede/pojokjabar.com

Ayi Hambali Siap Maju Kembali

POJOKJABAR.com, CIREBON– Anggota DPD RI perwakilan Jawa Barat, yang juga ketua Yayasan Pondok Pesantran Al Falah, Dago, Bandung berniat kembali …