Satu Jam Bareng Dandim 0619, Memaknai tentang Hari Pahlawan

PURWAKARTA – Dandim 0619 Letkol.Inf. Ari Maulana memaknai Hari Pahlawan sebagai hari dimana kita harus menghargai jasa-jasa pahlawan, bukan hanya itu generasi muda juga harus mengisi kemerdekaan atas jasa pahlawan dengan berbagai kegiatan untuk membangun Negri ini.

Berikut wawancara satu jam bersama Dandim Letkol.Inf. Ari Maulana yang saat ini menjabat di Kodim 0619 Purwakarta.

Bagaimana pandangan pa Ari menyikapi peranan generasi muda dalam hari pahlawan ini?

“Jasa paglawan yang telah berjuang tenaga, waktu, harta benda, keluarga, air mata, darah bahkan nyawa sekalipun telah dipertaruhkan untuk negri ini. Generasi muda di masa ini tinggal mengisi dengan berbagai kegiatan positif, berinovasi untuk bersama sama membangun Negri apa yang telah di tinggalkan para pahlawan berupa kemerdekaan,”

Sebagai prajurit yang kesetiaannya tidak diragukan lagi terhadap NKRI, faktor apa kira-kira yang bisa membangkitkan semangat rakyat dan pemuda untuk bisa  lebih bersemangat mencintai NKRI seperti prajurit?

“Banyak faktor tentunya, saya sangat yakin para pemuda dan rakyat sangat mencintai NKRI. Faktor yang utama dengan sering bersilaturrahmi untuk lebih mempererat persatuan, kemudian juga mempertahankan budaya gotong royong membangun bersama,”

Memasuki tahun politik seperti saat ini, ada tidak kekhawatiran perpecahan di masyarakat terutama di Purwakarta?

“Kekhwatiran pasti ada karena pasti akan ada gesekan-gesekan antar pendukung, saya yakin masyarakat juga akan berfikir jernih semua persoalan bisa dimusyawarahkan. Serahkan kepada hukum bila harus diselesaikan dengan hukum.

Ini makna dari hari pahlawan, jika kita sampai terpecah belah maka kita tidak menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah mengorbankan segala-galanya untuk kemerdekaan negri ini. Jadi dengan membangun kebersamaan, persatuan dan tidak mudah terpecah  belah, maka secara tidak langsung kita sudah menghargai jasa-jasa pahlawan,”

Beber Letkol.Inf. Ari Maulana. (Adw)


loading...

Feeds