Puluhan Anak Menangis Orang Tua Malah Bahagia

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Puluhan anak dari berbagai wilayah Desa yang ada di Kecamatan Jatiluhur di sunat massal, terdengar tangisan saling sahut menyahut dari dalam ruangan dokter karena si anak yang disunat merasa takut hingga membuat cemas para orang tua. Namun, saat usai para orang tua anak yang disunat tersenyum lega dan bahagia.

Kegiatan sunatan massal dilakukan oleh Dewan Keluarga Masjid (DKM) Perum Jasa Tirta (PJT) II, kurang lebih diikuti 75 anak yang berasal dari berbagai desa di Kecamatan Jatiluhur.

Bertempat di Area Masjid As-Salam PJT II Jatiluhur, khitanan massal tersebut dihadiri Direktur I Perum Jasa Tirta II Sumyana Sukandar.

“Khitanan merupakan bentuk ibadah bagi umat muslim yang harus dikerjakan. PJT 2 melalui DKM Masjid As-Salam rutin menggelar dan memfasilitasi khitanan massal,” ujar Sumyana.

Sumyana menjelaskan, melalui khitanan massal tersebut pihaknya ingin memberikan nilai-nilai positif kepada warga, khususnya yang ada di sekitar PJT II Jatiluhur.

“Kegiatan ini juga bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri. Di mana kami ingin meningkatkan kepedulian karyawan dan jajaran Direksi PJT II terhadap warga sekitar,” tambah Sumyana.

Sementara itu, Ketua Panitia Khitanan Massal Heri Hermawan menyebutkan, sumber dana kegiatan khitanan massal tersebut berasal dari dana CSR perusahaan.

“Alhamdulillah ada 75 anak yang mengikuti khitanan massal ini. Untuk tenaga medis kami bekerjasama dengan Klinik As-Salam Purwakarta pimpinan dr M Ajat Sudrajat,” ujar Heri.

Heri juga menambahkan, khitanan massal rutin dilaksanakan per dua tahun di mana waktu penyelengaraannya selalu disesuaikan dengan liburan sekolah.

“Sebagai kadeudeuh atau rasa kasih sayang terhadap anak yang dikhitan, panitia memberikan uang panyecep dan perlengkapan salat seperti sarung, peci, dan baju koko. Setiap anak juga diberikan snack dan dua box nasi dus,” kata Heri panjang lebar.

Ke depan, sambung dia, tradisi khitanan massal ini akan terus diselenggarakan. In sha Allah pengelolaanya akan lebih baik lagi. Juga dari jumlah pesertanya semoga bisa semakin meningkat lagi, ucap Heri.(Adw/pojokjabar)



loading...

Feeds

perda

DPRD Kota Depok Sahkan Tiga Perda

DPRD Kota Depok mengesahkan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Depok, Jumat, …
KEMANDIRIAN: Perempuan nelayan mengikuti pelatihan pendampingan APWI Kabupaten Sukabumi untuk mewujudkan usaha mandiri. FOTO:SUBHAN/RADARSUKABUMI

APWI Kabupaten Sukabumi Gandeng Perbankan

Keseriusan Asosiasi Pendamping Wiraswasta Indonesia (APWI) Kabupaten Sukabumi dalam menciptakan pengusaha mulai tampak. Salah satunya saat ini APWI melakukan pendampingan …
BPJS Kesehatan

Hipertensi Paling Banyak Sedot Anggaran BPJS

Meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan menggelar kegiatan “BPJS Kesehatan …