Ribuan Botol Miras Oplosan di Subang Dimusnahkan

PEMUSNAHAN: Ribuan miras dimusnahkan di Makopolres Subang, Jumat (11/5/18). MOHAMAD ANWAR/RADAR BANDUNG

PEMUSNAHAN: Ribuan miras dimusnahkan di Makopolres Subang, Jumat (11/5/18). MOHAMAD ANWAR/RADAR BANDUNG

POJOKJABAR.com, SUBANG – Jajaran Polres Subang, Jawa Barat melakukan operasi Cipta Kondisi (cipkon). Razia diadakan menyambut bulan suci Ramadan terkait peredaran miras oplosan dan minum keras tak berizin.

Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni mengatakan, sejak melaksanakan Operasi Cipkon polisi mengamankan barang bukti sebanyak 30.423 botol miras oplosan dan tak berizin dari berbagai merk dan 761 liter minuman tuak, 1.306 botol miras jenis Ciu dan 4.314 butir sediaan farmasi dalam bentuk obat.

“Kami ingin menciptakan kondisi yang kondusif menjelang bulan ramadan. Sasaran kami meminimalisir gangguan kamtibmas. Sehingga kami punya tanggung jawab salah satunya dengan kegiatan pemusnahan,” ujar Joni usai acara pemusnahan miras di Mapolres Subang, Jumat (11/5).

Kata Joni, hal ini juga dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya korban jiwa akibat banyak masyarakat yang menenggak miras oplosan. Seperti beberapa waktu lalu miras oplosan akibatkan puluhan nyawa melayang di Jawa Barat.

Joni menambahkan miras tersebut merupakan hasil tangkapan dari berbagai wilayah hukum Polres Subang. Polisi menyisir satu persatu wilayah yang diduga memperjualbelikan minuman tersebut.

“Menekan peredaran miras menjadi penting karena seperti yang diketahui, tindakan kriminal seperti tawuran biasanya diawali seorang tersangka dengan cara meminum miras,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Subang Ating Rusnatim yang turut hadir dalam acara pemusnahan miras menyatakan pihaknya selalu menjalin koordinasi dengan kepolisian untuk meredam peredaran miras.

“Dalam upaya meredam peredaran miras kami selalu berkoordinasi dengan kepolisian bersama anggota Satpol PP,” kata Ating.

Dari pantauan, Jumat (11/5) proses pemusnahan barang bukti (Miras) dilakukan dengan cara digilas alat berat, sementara untuk obat farmasi dengan cara diblender.

(RBD/anr/pojokjabar)


loading...

Feeds