Pelaku Tipu Gelap Sepeda Motor di Sumedang Diamankan Polisi

Ilustrasi Diamankan

Ilustrasi Diamankan

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Setelah berhasil mengamankan seorang pelaku tindak pidana penipuan dan penggelapan satu unit sepeda motor, kini Polsek Cimalaka berupaya mengamankan BPKB kendaraan tersebut sebagai tambahan barang bukti (BB).

Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata melalui Kapolsek Cimalaka Kompol Ibnu Setiawan yang didampingi Panit 2 Reskrim Aiptu Asep Suryana menjelaskan, sejumlah barang bukti lainnya sudah diamankan polisi.

Beberapa barang bukti yang sudah diamankan tersebut motor honda beat warna merah bernomor polisi Z-6165- AT dan konci kontaknya, STNK serta KTP korban Sindi Kartina Putri. Korban merupakan warga Dusun Panteuneun RT 01/07, Desa Licin, Kecamatan Cimalaka.

“Kita sedang mengajukan ijin ke pihak terkait, untuk mengamankan BPKB guna kepentingan penyidikan,” sebut Aiptu Asep. BPKB motor tersebut masih berada di leasing BFI Majalengka yang digadaikan pelaku Yana Sasmita alias Jana Bin Amat Rahmat, 37, warga Dusun Ciselang RT 02/02 Desa/Kecamatan Tomo.

“Pelaku sementara diamankan guna dimintai keterangan,” katanya. Demikian pula sejumlah BB yang sudah berhasil diamankan polisi, sebelumnya digadaikan pelaku Yana kepada Tedi.

Aiptu Asep menjelaskan, setelah pihaknya menerima laporan dari korban Sindi pada Sabtu (9/12) lalu, malamnya polisi berhasil menangkap pelaku tanpa perlawanan di rumah korban tersebut.

“Pelaku sebelumnya dipancing korban agar datang ke rumahnya. Setelah pelaku ada di rumah korban, polisi datang ke sana mengamankannya,” jelasnya. Akibat ulahnya, pelaku dijerat 378 KUHP dan atau 372 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara.

Kronologis berawal diketahui pada Selasa (23/5) lalu di rumah korban, telah terjadi dugaan penipuan dan atau penggelapan motor tersebut. Semula korban menjual sepeda motor miliknya kepada pelaku senilai Rp 4 juta. Namun hingga dilaporkannya kejadian itu, pelaku tidak membayarnya.

Malahan tanpa seijin dan sepengetahuan korban, pelaku malah menggadaikan BPKB ke BFI Majalengka senilai Rp 2 juta dan sedangkan sepeda motor digadaikannya kepada Tedi senilai Rp 2.5 juta.

(RBD/tri/pojokjabar)


loading...

Feeds