TPSA Pamulihan Siap Tampung Sampah Wilayah Barat Sumedang

PEMBUANGAN SAMPAH: TPSA Pamulihan ditargetkan 2019 selesai dibangun, nantinya TPSA ini akan menampung seluruh sampah dari daerah Barat Sumedang. TOHA HAMDANI/RADAR SUMEDANG

PEMBUANGAN SAMPAH: TPSA Pamulihan ditargetkan 2019 selesai dibangun, nantinya TPSA ini akan menampung seluruh sampah dari daerah Barat Sumedang. TOHA HAMDANI/RADAR SUMEDANG

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Upaya mengatasi masalah sampah di Kabupaten Sumedang, saat ini tengah dilakukan pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) di Dusun Lembur Sawah RT 2 RW 11, Desa Cijeruk, Kecamatan Pamulihan.

Camat Pamulihan, Hari Tri Santosa mengatakan, pembangunan TPSA tersebut dibangun di atas lahan seluas 5,7 Hekatare.

“Sejauh masih dalam proses pembangunan atau tahapan cut and field diperkirakan pengerjaannya baru sekitar 80 persen,” katanya kepada Radar Sumedang (Pojoksatu.id Group).

Hari memastikan, dalam pembangunan TPSA tersebut tidak ada masalah. Namun, sebagian warga di sekitar TPSA, berharap segera dilakukan perbaikan jalan yang akan dilintasi truk pengangkut sampah tersebut.

“Pembahasan masalah dampak lingkungan seperti debu dan polusi udara, sebelumnya sempat ada pembahasan dan telah dirapatkan. Hasilnya, aspirasi warga akan diperhatikan oleh pemda,” katanya.

Warga setempat, kata ia, mengharapkan agar pengerjaannya TPSA tersebut rampung pada 2019, agar beberapa kompensasi seperti air bersih, pustu dan keterlibatan dalam pengelolaannya pun bisa terealisasikan.

“Masyarakat sebenarnya ingin secepatnya pembangunan itu selesai, dengan harapan ada pemberdayaan,” katanya. Sementara Kepala UPTB Lingkungan Hidup (LH) dan Kehutanan wilayah Jatinangor, Omay Komarudin mengatakan, dengan adanya TPSA di wilayah Desa Cijeruk Kecamatan Pamulihan, sangat membantu untuk mengatasi permasalah sampah di wilayah (Jatinangor, Cimanggung, Tanjungsari, Pamulihan, Sukasari, dan Rancaklong).

“Jelas sangat membantu dan akan lebih cepat membuang sampah, yang sebelumnya harus menempuh jarak yang lumayan menuju TPA Cibeureum. Tapi jika sudah rampung pembangunan TPSA disana akan lebih dekat cukup menghemat juga,” katanya kepada Radar Sumedang (Pojoksatu.id Group) beum lama ini.

(RBD/tha/pojokjabar)


loading...

Feeds

Obrolan Bersama Pojokjabar Tentang Pilbup Bogor di Graha Pena, Kamis (14/12/2017)

Pilbup 2018 di Mata Kader PDIP

POJOKJABAR.com, BOGOR– Sejumlah tokoh di Kabupaten Bogor yang ramai di media soal bursa pencalonan cabup/cawabup, dipertemukan Pojokjabar.com di Graha Pena …