Akibat Banjir Disposal Tol Cisumdawu, Dua Hektare Lahan Terendam

Salah satu sawah warga terendam banjir akibat disposal tol cisumdawu

Salah satu sawah warga terendam banjir akibat disposal tol cisumdawu

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Meluasnya banjir dadakan di Dusun Cibawang Kecamatan Rancakalong yang merendam beberapa hektare sawah, mengakibatkan sejumlah petani memilih untuk memanen tanaman padinya lebih awal.

Pasalnya, jika tidak dilakukan akan berakibat gagal panen. Selain merendam sawah, banjir yang mencapai ketinggian 10 meter itu, juga merendam sejumlah rumah warga.

“Harusnya sih sekitar tiga mingguan lagi baru panen. Namun, karena air semakin meninggi dan takut tidak bisa dipanen saya lebih memilih memanennya lebih awal,” ujar salah satu petani Nunung (39) warga Dusun Cibawang kepada Radar Sumedang (Pojoksatu.id Group).

Nunung mengaku, dampak dari tanah disposal Tol Cisumdawu area Cikuray itu, membuat sejumlah petani harus merugi karena tanaman padi yang didambakan akan panen harus terendam air.

“Sampai saat ini air sudah satu minggu mengenangi sawah kami. Jelas kondisi ini sangat membuat kami rugi, biasanya kalau tidak ada masalah, panen bisa mencapai 1 kuintal. Namun sekarang paling hanya mencapai setengah kuintal dan jika diuangkan kerugian mencapai puluhan juta rupiah,” ucapnya.


loading...

Feeds