Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Siap Usung Eka Setiwan

 H Eka Setiawan sempat masuk dalam bursa bakal calon kepala daerah

H Eka Setiawan sempat masuk dalam bursa bakal calon kepala daerah

POJOKJABAR.com SUMEDANG-Setelah sebelumnya, H Eka Setiawan sempat masuk dalam bursa bakal calon kepala daerah (bacakada) Partai Golkar, namun akhirnya urung diusung partai berlambang beringin itu karena ada peta koalisi dari tingkat pusat PDI P – Golkar.

Kini figur yang masih menduduki kursi Bupati Sumedang ini dipastikan bakal diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sumedang.

Hal itu terungkap usai pertemuan, H Eka Setiawan dengan jajaran DPW PKS Jawa Barat dan DPD PKS Sumedang di rumah kediaman pengasuh Pondok Pesantren Assalam Sumedang, H Syamsul Fallah, Selasa (19/9/2017) petang kemarin.

Ketua DPW PKS Jawa Barat H Akhmad Syaikhu menyampaikan hasil pertemuan jajaran pengurus PKS dengan H Eka Setiawan dan juga sejumlah ormas Islam. “Bocorannya, bahwa memang kita akan berusaha untuk mendukung Pak Eka Setiawan, termasuk upayaupaya untuk mewujudkannya dengan meraih dukungan dari partai lain tentunya,” ungkap Syaikhu, usai pertemuan di halaman kediaman rumah Ustad Syamsul Fallah.

Diharapkan, kedepannya untuk pengusungan Eka sebagai bacakada untuk Pilkada 2018 itu bisa sama dengan format koalisi di tingkat provinsi. “Harapan kami bisa sama seperti yang dilakukan di tingkat provinsi, misalnya PKS dengan Gerindra sehingga sejalan dengan pilkada di provinsi dan di kabupaten,” tandasnya.

Untuk mendekatkan sosok yang kini duduk di tampuk Sumedang 1 itu, Akhmad Syaikhu telah sepakat dengan jajaran pengurus lainnya untuk memberikan jabatan kehormatan Eka di dalam struktur DPD PKS Sumedang.

“Kita menawarkan kalau memang Pak Eka bersedia kita akan mengangkat beliau sebagai dewan pakar. Sehingga rasa kepemilikan seluruh kader PKS di Sumedang terhadap beliau semakin kuat dan mesin partai bisa bekerja optimal,” ungkapnya lagi.

Saat disinggung terkait namanama bacakada dari luar kader (eksternal, red) yang sempat merapat ke partai basis kader ini, Akhad Syaikhu mengakuinya.

“Tradisi pengusulan di PKS selalu ada dua orang yang diusung, dari dua itu kemudian melewati tahapan seleksi lagi. Nanti akan ada banyak pertimbangan rasional, seperti survei dan segala macamnya, mudah-mudahan pengerucutannya nanti Pak Eka,” urainya.

Sementara itu, terkait sosok yang akan menjadi calon wakil bupati untuk disandingkan dengan Eka Setiawan, Ketua DPD PKS Sumedang H Yana Flandriana mengatakan akan menempuh beberapa mekanisme partai terlebih dahulu.

“Kami masih memantau dinamika untuk calon wakil bupatinya, penentuannya tentu saja harus juga mendengarkan dan menghargai usulan, masukan dan pertimbangan dari mitra koalisi kami saat ini, Partai Gerindra,” kata Yana, kemarin.

Namun, PKS sambung Yana, tidak akan lama lagi bakal mengagendakan kembali pertemuan dalam KMP untuk membahas hal itu. “Dalam waktu dekat insya Alloh KMP akan bertemu kembali dan membahas hal ini. Prinsipnya PKS dan Gerindra di Sumedang sangat solid dan siap memenangkan PIlkada 2018 yang akan datang,” tandasnya.

(rik/adv)



loading...

Feeds