Dekranasda Sumedang Fokus Kembangkan Jaringan Kemitraan UMKM

Ketua Dekranasda Kabupaten Sumedang Hanne Budhi Setiawan
berpoto bersama dengan pelaku UMKM Lapis Sumedang

Ketua Dekranasda Kabupaten Sumedang Hanne Budhi Setiawan berpoto bersama dengan pelaku UMKM Lapis Sumedang

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Menjelang era masyarakat ekonomi Asean (MEA), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sumedang bersama Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang melakukan pengembangan jaringan dan kemitraan UMKM di Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Selasa (19/9/2017).

Ketua Dekranasda Kabupaten Sumedang, Hanne Budhi Setiawan mengatakan, menghadapi perdagangan bebas para pelaku UMKM harus bisa bersaing dengan produk luar yang masuk.

“Secara tidak langsung pelaku UMKM akan bersaing ketat dengan produk luar negeri, dimana persaingan dalam kondisi politik, sosial dan kemajuan teknologi akan semakin terasa,” katanya kepada wartawan.

Hanne menambahkan, Pemkab Sumedang tidak akan mempersulit segala bentuk perijinan. Agar, para pelaku UMKM bisa mengembangkan usahanya dan menjadi pengusaha besar.

“Sekarang Pemkab Sumedang mempermudah segala bentuk perizinan UMKM, cukup mendaftar ke Kecamatan setempat yang nantinya akan ditindak lanjuti di Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Sumedang,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang, Hanne menyebutkan, pihaknya bersana Diskoperindag Kabupateb Sumedang, akan melakukan pembinaan dan memberikan bantuan pinjaman bagi para pelaku UMKM di Kabuoaen Sumedang.

“Rencananya Oktober kami akan melakukan pembinaan yang akan bekerjasama dengan sejumlah Bank dimana bunganya relatif ringan,” ucapnya.

Sementara, pelaku UMKM di wilayah Cipacing, Alya Kartika mengatakan, menyambut baik terhadap program yang dilakukan Dekranasda dengan harapan bisa membantu mengembangkan para pelaku UMKM di Kabupaten Sumedang.

“Kebetulan tadi ibu Hanne meninjau langsung usaha Ubi Lapis yang telah kami rintis puluhan tahu dan sangat positif. Bahkan siap mensupport lapis Sumedang sebagai ikon oleholeh khas Sumedang,” katanya.

(tha)


loading...

Feeds