Puluhan Hektare Sawah Mulai Dilanda Kekeringan di Kabupaten Sumedang

Ilustrasi Kekeringan

Ilustrasi Kekeringan

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Puluhan hektare areal persawahan di Kabupaten Sumedang mulai dilanda kekeringan. Namun prosentaseya masih kecil dan luasnya dibawah 100 hektare.

Kadis Pertanian Sumedang, Yosep Suhata menyebutkan, untuk beberapa areal sawah memang sudah mulai kekeringan. Berdasarkan laporan yang masuk ke Dinas angkanya dibawah 100 hektaran.

Yosep menyebutkan, beberapa daerah yang areal sawahnya mulai dilanda kekeringan antara lain Kecamatan Ujungjaya, Tomo serta sebagian Ke camatan Buahdua.

“Bila dibandingkan dengan tahun 2015 lalu dimana sebagai dampak Elnino, kemarau tahun ini memang tidak begitu banyak areal sawah yang kekeringan,” kata Yosep, Rabu (13/9/2017).

Ia menambahkan, areal sawah yang dilanda kekeringan kebanyakan areal IP 2 (intensitas pertanaman). Artinya dalam setahun hanya bisa ditanami 2 kali. Namun ada juga sebagian sawah IP 3 dilanda kekeringan.

Dikatakan Yosep, tidak terlalu luas areal sawah yang kekeringan tahun ini juga disebabkan belakangan ini banyak bantuan sarana pertanian yang disalurkan kepada kelompok tani seperti pompa air.

Dengan adanya pompa air daerah- daerah yang memang masih memiliki sumber air seperti air sungai, bisa dimanfaatkan dengan menggunakan pompa sehingga kebutuhan air masih bisa dipenuhi.

Banyaknya saluran irigasi yang belakangan ini memang diperbaiki juga turut membantu proses penyaluran air, sehingga air tidak banyak terbuang dijalan.

(gun)


loading...

Feeds