Kepesertaan BPJS Eks Buruh Natatex Non Aktif

Unjuk rasa buruh PT. Natatex

Unjuk rasa buruh PT. Natatex

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Kepesertaan BPJS Kesehatan milik eks buruh PT Natatex nonakti. Akibatnya, mereka tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan menggunakan jaminan kesehatan nasional.

Menurut Wakil Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Dedi Rusniadi, kepesertaan ini tak lagi bisa dinikmati karena status pekerjanya yang sudah diputus dari PT natatex menyusul adanya putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

Kejelasan status pekerja Natatex menjadi PHK ini seharusnya menjadi angin segar bagi 339 orang buruh. PHK akan memberikan uang pesangon dan sejumlah hak lainnya termasuk masih belakunya kepesertaan BPJS selama enam bulan sejak PHK dilakukan.

“Kami sekarang tidak bisa menikmati kepesertaan BPJS karena sudah ada PHK namun hak kami selama enam bulan setelah PHK tidak kami terima, padahal itu perintah perundang-undangan,” kata Dedi.

Kondisi ini ternyata lebih parah lagi karena buruh tak bisa mendaftar secara mandiri sebelum perusahana mengeluarkan secara resmi daftar tenaga kerja yang sudah di PHK. Daftar ini menjadi syarat bagi BPJS untuk bisa menerima kembali kepesertaan yang baru dari seluruh eks buruh Natatex.


loading...

Feeds