Para Orang Tua di Kabupaten Garut Didesak Proaktif Pungli di Sekolah Anak, Caranya…

siswa sekolah di garut terpaksa tunda ujian kenaikan kelas karena  fasilitas sekolah yang rusak akonat banjir (ilustrasi)

siswa sekolah di garut terpaksa tunda ujian kenaikan kelas karena fasilitas sekolah yang rusak akonat banjir (ilustrasi)

POJOKJABAR.com, GARUT – Wali Murid di sekolah Kabupaten Garut diminta proaktif menangani kasus-kasus pungutan liar di lingkungan sekolah.

Pengamat pendidikan Kabupaten Garut Eva Sudiana mengungkapkan pungutan liar atau pungli bisa masuk ke dalam berbagai jenis biaya di sekolah.

“Jadi kalau nanti orang tua siswa menemukan pungutan, itu harus dikroscek dulu apakah pungutan terlarang atau biaya yang sudah disepakati bersama,” ujarnya seperti dikutip Radar Garut.

Eva mengatakan proses adanya pembiayaan-pembiayaan di sekolah harus berdasarkan kesepakatan bersama antara pihak komite dengan orang tua siswa.

“Sekolah tidak boleh terlibat,” ujarnya.

Eva berharap agar dari tahun ke tahun proses penerimaan siswa baru di Kabupaten Garut semakin baik, dan kualitas sekolahnya pun bisa semakin merata.

“Jadi baiknya juga orang tua kalau memang di salah satu sekolah tidak lulus, lebih baik cari sekolah lain saja yang memang anaknya sesuai standar,” jelasnya.

 

(sta/pojokjabar)


loading...

Feeds