Mimpi Petani Memiliki Alat Canggih untuk Memanen Padi

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Para petani di Kecamatan Pasawahan terkagum-kagum saat menyaksikan alat pemotong padi yang canggih, karena mesin pemotong padi berupa tenaga diesel yang sedang disosialisaikan mampu melakukan pemanenan padi secara cepat kemudian langsung berbentuk gabah.

Alat untuk panen padi bernama Yanmar tersebut sontak membuat para petani ingin memilikinya, karena para petani jika memiliki alat terasebut tidak lagi bersusah payah melakukan panen dengan cara diarit.

“Kalau petani memiliki mesin ini, petani tidak usah ngarit sama ‘ngagebot’ (merontokan padi dengan cara memukulkan ke papan) atau cara tradisional. Selain hemat tenaga juga hemat waktu, kemudian hasil panennya juga akan maksimal,” ujar Diaudin Camat Pasawahan, saat dirinya mencoba mesin pemanen padi tersebut di Balai Benih Pertanian (BPP) Cihuni Pasawahan.

Sayangnya harga mesin pemotong padi yang tengah disosialisasikan ditengah tengah para petani sangat mahal, harganya mencapai 145 juta an. Sehingga kemungkinannya berat bagi petani untuk membelinya.

“Yang jadi kendala harganya sangat mahal, sehingga para petani tidak sanggup membeli. Mudah-mudahan nanti bila ada bantuan dari pemerintah baik Pusat maupun Provinsi, memberikan bantuan berupa alat panen seperti ini,” tambah Diaudin.

Dalam acara sosialisasi mesin panen padi modern tersebut tampak hadir kepala Dinas Pertanian, para unsur muspika dan seluruh gapoktan yang ada di kecamatan Pasawahan.

“Dengan alat ini hasil panen padi para petani akan lebih efesien, kemudian juga untuk penyusutan gabahnya hanya sedikit,” tutup Diaudin.

Para petani yang melihat ‘demo’ panen menggunakan mesin modern tersebut seperti mimpi saat ingin memilikinya, namun tidak menutup kemungkinan juga bila pemerintah memperhatikan petani akan memberikan bantuan alat tersebut. (Adw)


loading...

Feeds