Tiga Pegawai BPN Ciamis Diduga Lakukan Pungli, Begini Modusnya

barang bukti pungutan liar yang dilakukan di BPN Kabupaten Ciamis

barang bukti pungutan liar yang dilakukan di BPN Kabupaten Ciamis

POJOKJABAR.com, CIAMIS – Pungutan liar kembali terjadi di Kabupaten Ciamis. Kini giliran pegawai BPN bidang survei pengukuran dan pemetaan yang diperiksa oleh tim saber pungli.

Pemeriksaan dilakukan di kantor BPN Ciamis Jalan Drs H Sujud, Kelurahan Kertasari. Kedatangan tim saber pungli lantaran terdapat laporan atas tiga orang. Yakni salah satu Kasub, DS dan dua orang staf bidang tematik, Na dan AH.

“Terlapor AH menerima uang 200 ribu rupiah dari setiap pemohon yang lakukan akan survei pemetaan,” kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus.

Survei pemetaan dibutuhkan untuk pembuatan balik nama sertifikat. Terlapor beralasan uang 200 ribu tersebut digunakan untuk transportasi di lapangan. Lalu, dari AH uang tersebut disetorkan kepada Na, kemudian disetorkan kepada DS setiap minggunya.

Dari keterangan yang didapat, penyerahan uang tersebut dalam setiap minggunya tidak menentu tanggalnya.

“Dan tertanggal 21 April 2017 uang yang disetorkan kepada DS sebesar 2.400.000 ribu rupiah,” terangnya Jum’at (21/4/2017).

Dari terlapor Na, DS menerima uang sebesar 5.440.000 rupiah. Terlapor mengaku uang tersebut akan dibagi-bagikan.

“AH mengaku awal bulan sudah menerima 700 ribu rupiah,” ungkapnya.

Dari tangan tiga orang tersebut pelaku mengamankan dokumen pendaftaran floting, uang tunai senilai 6.040.000 rupiah dan buku dapur pendapatan pemohon.

“Kami akan selidiki dan kembangkan kasus pungli yang ada,” pungkasnya.

(ana/pojokjabar)



loading...

Feeds

MEGAH: Pabrik semen milik PT SCG terus mendapat sorotan lantaran banyak dugaan pencemaran lingkungan. DOKUMENTASI RADARSUKABUMI

Tindak Tegas PT SCG Sukabumi

Bila perlu bikin Panitia Khusus (Pansus). Dan selama pembahasan, pihak perusahaan tidak boleh melakukan kegiatan pertambangan,
Tagih-Janji-Camat

Warga Kabupaten Bogor Tagih Janji Camat

Desakan warga agar camat Citeureup mengundurkan diri semakin menguat. Senin (24/04/2017), warga yang diwakili para pemuda yang dalam aliansi masyarakat …