Petani Sayuran Panen Raya, Harga Mentimun Cuma 2000/Kilogram

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Beberapa petani sayuran bulan-bulan ini mengalami panen raya, seperti para petani di wilayah Cibatu Purwakarta saat ini tengah panen raya jenis sayuran mentimun. Namun sayangnya harga mentimun di kalangan para petani sepertinya masih kurang bersahabat, karena hasil jerih payah para petani itu dihargai tidak seberapa.

Harga mentimun di tingkat petani hanya mencapai 2000 rupiah/Kilogtamnya, itupun petani langsung yang menjualnya ke bandar besar yang langsung dijual ke pasar.

“Harganya hanya 2000 ruipah/kilogram, ini masih mending biasanya malah di bawah itu,” ujar Ujang (45), salah seorang petani sayuran di Cibatu.

Sekali panen, lanjut ujang bias mencapai aantara 4 kwintal samapi 5 kwintal. karena saat ini masih dalam tahap normal perkembangan buahnya, seiring waktu semaikin lama buah mentimun akan semakin berkurang.

“Biasanya panen ke tiga ke emapat memang lumayan banyak, bahkan kemungkinan sampai 8 kali panen. Namun untuk panen berikutnya akan berkurang drastis, karena usia pohon mentimun yang sudah tua,” tambah Ujang.

Untuk harga saat ini relatif masih lumayan buat para petani, karena masih diangka 2000/kilogramnya. Namun bila harga mencapai 1000/kilogram bisa dipastikan para petani akan mengalami kerugian.

“Untuk harga 2000/kilogram kita masih ada keuntungan, karena saat ini petani diuntungkan dengan masih berlimpahnya air hujan. Kalau air untuk menyiram mentimun kita nyedot ke sungai, maka harga segitu hanya akan balik modal,” tutup Ujang. (Adw)


loading...

Feeds

Pemkot Cirebon, memberikan bantuan kepada korban banjir. Foto: pey/pojokjabar

Pemkot Beri Bantuan Korban Banjir Suba

POJOKJABAR.com CIREBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon langsung memberikan bantuan langsung ke warga yang terdampak banjir luapan aliran sungai Suba, Jumat (23/2/2018) …