Ratusan Warga Desa Sukamaju Tak Miliki Akta Nikah

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Banyaknya permasalah yang timbul bagi pasangan yang nikah secara siri atau belum memiliki Akta Nikah yang harus menjadi perhatian Pemerintah. Karena untuk tahun 2015-2016 tahun ini pemerintah daerah sepertinya tidak melakukan kerjasama dengan pihak Pengadilan Agama, padahal tahun sebelumnya Pemerintah Daerah melakukan kerjasama untuk permasalahan isbat nikah.

Salah satu masalah yang akan timbul saat pasangan tersebut sudah memiliki anak namun tidak bisa membuat Akta Kelahiran anak tersebut karena salah satu syarat pembuatan Akta Kelahiran harus adanya surat nikah atau Akta Nikah yang dibuat oleh Pegawai Pencatat Nikah.

Salah satu keluhan seperti itu terjadi di Desa Sukamaju Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta dimana sekitar 130 warganya belum memiliki Akta Nikah. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Desa Sukamaju Ayi Kodariah S.Pdi.

“Memang ada warga kita yang mengeluh tidak bisa membuat Akta Kelahiran anaknya setelah ditelusuri ternyata pasangan tersebut nikah siri,” ujarnya kepada wartawan.

Melihat permasalahan itu, Ayi dengan cepat mendata siapa saja warganya  yang sudah menikah tapi belum memiliki akta nikah karena menikah secara siri. Ayi mengatakan ini harus diselesaikan karena Akta Kelahiran sangat diperlukan untuk anak jika ingin masuk sekolah serta untuk menghindari permasalahan lainnya.

“Belum lama ini kita selaku Pemerintah Desa sudah mengirim surat ke Pemerintah Kabupaten untuk membantu menggelar Itsbath Nikah bagi warga kita disini,” katanya.

Ayi juga menjelaskan jika Itsbad Nikah sudah dilaksanakan untuk warganya tersebut nanti 130 warga akan mendapatkan surat pengesahan nikah dari pihak yang terkait sehingga untuk membuat Akta Kelahiran sudah bisa. (Adw)


loading...

Feeds

Gempita Nusantara

Unjuk Busana Daerah pada Gempita Nusantara

GRAND Metropolitan Bekasi menggelar acara yang didukung Kementerian Pariwisata Republik Indonesia bertajuk Gempita Nusantara, Hal tersebut disampaikan oleh General Manager …