Pasutri yang Belum Punya Akta Nikah Bisa Ajukan Isbat ke PA

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Pasangan suami istri yang tidak mempunyai Buku Nikah karena perkawinannya tidak tercatat atau dicatatkan sehingga tidak dapat memperoleh hak – haknya untuk mendapatkan dokumen pribadi yang dibutuhkan, termasuk anak – anak mereka tidak akan memperoleh Akta Kelahiran dari Kantor Catatan Sipil. Solusi yang dapat ditempuh oleh mereka adalah mengajukan permohoan Itsbat Nikah ke Pengadilan Agama. Hal ini seperti dikatakan Panitera kantor Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Purwakarta Rohili, SH.

“Ini informasi bagi pasangan suami istri yang sudah menikah namun belum memiliki Akta Nikah ada baiknya mengajukan Itsbat Nikah karena saat ini untuk mengurus beberapa dokumen seperti Akta Kelahiran anak harus adanya Buku Nikah atau Akta Nikah,” kata Rohili.

Setelah ada pengajuan, lnjut Rohili, Pengadilan Agama akan menggelar sidang Itsbad Nikah bagi pasangan tersebut. Pada saat sidang digelar hakim mengabulkan permohonan tersebut maka kantor Pengadilan Agama akan mengeluarkan Penetapan Itsbad Nikah sehingga pernikahan pasangan suami istri tersebut sudah diakui oleh hukum negara.

“Surat itu nantinya bisa digunakan sebagai pengganti Akta Nikah yang bisa dipergunakan sebagai syarat untuk mengurus berbagai dokumen yang di perlukan,” ungkapnya. (Adw)


loading...

Feeds

IMBAUAN: Kapolres Sukabumu, AKBP Nasriadi menyampaikan imbauan di hadapan jamaah salat Jumat di Masjid Agung Palabuhanratu.

Polres Sukabumi Siap Dampingi Ulama

Dalam imbauannya, perwira pangkat dua bunga melati emas itu siap memberikan jaminan kepada para ustadz yang akan menjalankan tugasnya sebagai …