Ini Kata Kiai Pesantren tentang Kebijakan Pendidikan Purwakarta

Pemerintah Kabupaten Purwakarta memiliki rencana memasukan kurikulum tambahan sebagai kurikulum kultur muatan lokal pada pelajaran agama di setiap sekolah mulai Desember mendatang.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta memiliki rencana memasukan kurikulum tambahan sebagai kurikulum kultur muatan lokal pada pelajaran agama di setiap sekolah mulai Desember mendatang.

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten Purwakarta memiliki rencana memasukan kurikulum tambahan sebagai kurikulum kultur muatan lokal pada pelajaran agama di setiap sekolah mulai Desember mendatang.

Kurikulum kultur tersebut yakni belajar membaca Kitab Kuning bagi pelajar beragama Islam dan bagi non muslim diharuskan mendalami kitab ajaran agamanya masing-masing.

Kebijakan yang terhitung baru dan pertama di Jawa Barat bahkan Indonesia karena berlaku di sekolah umum ini tak pelak mengundang pujian dari berbagai kalangan diantaranya Ketua Rijalul Anshor Jawa Barat Kiai Ahmad Anwar Nasihin.

Pimpinan Pondok Pesantren Raudhatut Tarbiyah Liung Gunung Plered Purwakarta ini menyambut baik dan mengapresiasi kebijakan ini karena dia nilai berdampak positif bagi perkembangan keilmuan pelajar Purwakarta.

Kiai Anwar, begitu dia disapa, saat ditemui malam ini Rabu (12/10/2016) usai pengajian di pesantrennya pun turut mengusulkan agar guru yang mengajarkan kitab kuning di sekolah umum tersebut harus berasal dari pesantren.

Menurut dia ini penting karena belajar kitab kuning bukan saja soal transfer pengetahuan di dalamnya. Akan tetapi, belajar kitab kuning merupakan transfer kultur pesantren karena ada adab dan etika yang harus dipenuhi oleh pelajar.

“Saya usulkan agar gurunya berasal dari pesantren yang kesehariannya mengurus para santri. Belajar kitab kuning bukan melulu persoalan ilmunya akan tetapi ada etika, ada akhlak dan adab yang harus dibiasakan. Kalau gurunya tidak biasa mengajar santri saya kira malah tidak bagus nantinya”. Kata Kiai Anwar


loading...

Feeds

Ilustrasi PJU.

Dishub Kota Cimahi Pasang 367 PJU Baru

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi sepanjang tahun ini telah melakukan penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) baru sebanyak …