Purwakarta buat Jalan Baru di Pusat Kota

Salah satu ruas jalah di pusat Kota Purwakarta.

Salah satu ruas jalah di pusat Kota Purwakarta.

POJOKSATU.id, PURWAKARTA – Jalan baru segera dibangun di Purwakarta. Rencananya jalan ini menghubungkan Jalan Kemuning hingga area Jalan Singawinata, menyusuri pinggir rel kereta Api. Jalan baru dibangun pemerintah Purwakarta mencapai 1 kilometer,

“Tahun ini ada dua kegiatan pembangunan jalan baru. Yang pertama jalan Lingkar Barat yang menghubungan Kecamatan Maniis – Sukasari dan satu lagi jalan baru menghubungkan Jalan Kemuning hingga Singawinata,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Purwakarta, Budi Supriadi, Selasa (14/4).

Saat ini, kata dia, pembebasan lahan untuk kepentingan jalan baru ini tengah dilakukan. Termasuk pembebasan bangunan-bangunan warga yang akan terkena jalur itu.

“Total lahan yang harus dibebaskan mencapai 32 ribu meter persegi dan sampai sekarang pembebasan lahannya masih di proses,” tambah Budi.

Tujuan pembangunan jalan baru ini untuk mengantisipasi kemacetan di jalan utama, yaitu Jalan Veteran hingga Jalan Sudirman yang menghubungkan dari pintu  Tol Sadang hingga kawasan Pemkab Purwakarta.

Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani sendiri jadi satu-satunya jalan yang biasa digunakan pengendara baik roda dua maupun roda enmpat, baik yang hendak ke arah timur menuju ke ke barat, maupun sebaliknya. Sehingga, di dua jalan tersebut kerap terjadi kemacetan.

“Kita bisa lihat Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani selalu macet. Kami butuh solusi jalan baru agar di ke depan Purwakarta tidak semakin macet, arus lalulintas bisa lancar,” terangnya.

Anggaran untuk jalan sepanjang 1 km itu sudah dianggarkan hingga Rp 5 miliar dalam APBD Purwakarta.

“Anggarannya sudah ada tinggal pembebasan lahan saja, kalau pembebasan lahan selesai, pengerjaan bisa segera dilakukan,” pungkasnya.

(adw)

Feeds