Berupaya Laksanakan UN Berbasis Komputer

Kadisdik Cirebon

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Wahyo

POJOKSATU.id,CIREBON-Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon tengah mengupayakan agar sekolah-sekolah di Kota Cirebon melaksanakan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer karena semua sekolah sudah ada komputer. Tapi, sayangnya tahun ini belum bisa melaksanakan UN berbasis komputer.

Kepala Disdik Kota Cirebon, Wahyo mengatakan, menurut Menteri Pendidikan, tak ada istilah UN online, yang ada ujian berbasis komputer. “Diharapkan tahun depan sekolah-sekolah dialiri listrik menyelenggarakan UN berbasis komputer,” kata Wahyo, Senin (13/4).

Sebab, lanjut Wahyo, pada dasarnya sekolah-sekolah di Kota Cirebon juga sudah memakai komputer dan tahun ini belum melaksanakan ujian berbasis komputer. “Saat ini juga, ada sejumlah sekolah yang bergabung dalam melaksanakan UN karena jumlah siswanya sedikit,” katanya.

Wahyo menjelaskan, digabungkannya peserta UN berdasarkan Permen No 5 tahun 2015 dalam SOP, yakni sekolah yang peserta ujian kurang dari 20 diwajibkan digabungkan dengan sekolah lebih dari 20 siswa. “Ada 8 SMA, dan SMK 9 yang digabung. MA tidak ada,” kata Wahyo.

Mantan Kepala Pekerjaan Umum dan Perumahan Energi Sumberdaya Mineral (PU PESDM) Kota Cirebon ini mengatakan, secara teknis untuk penyelenggaraan UN di Kota Cirebon, tahun ini optimis lebh baik, tertib, dan kualitasnya juga meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.(gun/yaz)

 

Feeds