Bangun Terminal Angkutan Umum

Terminal

Ilustrasi

POJOKSATU.id,CIMAHI-Pemerintah Kota Cimahi berencana membuat terminal angkutan umum. Sebab, banyak angkutan umum yang menjemput penumpangnya di tempat-tempat yang tidak seharusnya.

Hal itu diungkapkan Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Kosasih. Ia melanjutkan, Kota Cimahi merupakan daerah perlintasan. Oleh karenanya, dengan adanya terminal, angkutan umum bisa tertib dalam menaikturunkan penumpang. Dengan tertibnya angkutan umum, diharapkan bisa menurunkan kemacetan. “Kebutuhan terminal di Kota Cimahi ini sangat mendesak,” ujar Kosasih.

Meski begitu, dalam kajian, tipe terminal yang akan dibangun itu kemungkinan terminal tipe C (angkutan antar Kota) saja. Pertimbangannya adalah keterbatasan lahan di Kota Cimahi. “Meskipun angkutan antar provinsi pun ada yang menarik penumpang di Kota Cimahi seperti angkutan antar provinsi yang biasa mengangkut penumpang di jalan dekat kawasan Gedung Opat Kota Cimahi, terminal tipe C dulu yang kita rencanakan,” jelasnya.

Ada beberapa lokasi yang direncanakan, diantaranya bisa di Cimindi, bisa di Pasar atas. Meski begitu, anggaran untuk full pembangunan terminal ini belum dimasukan kepada APBD 2015 karena DED (Detailed Engineering Design) belum dibuat, sehingga belum diketahui berapa anggarannya. Namun, untuk anggaran perencanaannya sendiri kemungkinan akan dimasukan pada APBD perubahan 2015 ini. “Nanti setelah dibuat DED baru terlihat berapa anggarannya,” ujarnya.

Pembangunan untuk terminal angkutan umum di Kota Cimahi kemungkinan akan terlaksana di tahun anggaran 2016. Pasalnya, untuk kajian pembangunannya sendiri baru rampung di triwulan kedua tahun ini. “Pembangunan terminal itu masih dalam kajian tapi tahun ini pada triwulan kedua kajiannya ditargetkan selesai,” ungkapnya.

Anggota DPRD Kota Cimahi, Barkah Setiawan mengatakan, kebutuhan terminal di Kota Cimahi memang sudah sangat dibutuhkan. Sebab, kota Cimahi dengan intensitas kemacetannya yang luar biasa diharapkan dapat diminimalisir dengan adanya terminal angkutan umum. Namun, untuk pembangunan terminal ini nantinya akan terkendala dengan masalah lahan Kota Cimahi yang semakin sempit. Oleh sebab itu, dalam kajian penentuan lahan lokasi terminal harus benar-benar matang.

Ia berpesan, pembangunan tersebut jangan sampai menjadi permasalahan baru. Menurutnya, lahan bekas Pusat Niaga Cimahi (PNC) sebetulnya menjadi lahan ideal jika diperuntukan untuk terminal. Selain lahannya cukup luas juga menjadi lahan perbatasan dengan Kota Bandung. “Sayang puluhan miliar hanya jadi tempat diadu burung merpati dan jualan cimal (pakaian Bekas). Jadi kalau lahan itu diefektifkan akan menjadi tempat yang produktif bukan hanya terminal tapi sekaligus jadi tempat yang produktif juga,” terangnya. (bbb/yaz)

 

Feeds