Minta Pekerja Asing Transfer Ilmu Pekerja Lokal

MEA

MEA

POJOKSATU.id,CIMAHI-Pemerintah Kota Cimahi meminta para pekerja asing yang bekerja di perusahaan wilayah Cimahi dapat mentransfer pengetahuan tentang keahlian bidang pekerjaannya kepada tenaga kerja lokal. Hal itu bertujuan agar para pekerja lokal bisa meningkatkan keahliannya dalam bekerja.

“Diharapkan tenaga kerja asing bisa ‘transfer of knowledge’ mengenai keahlian yang mereka kuasai kepada tenaga kerja lokal di sini,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kota Cimahi, Beny Bachtiar di Cimahi.

Ia mengatakan, jika ada transfer pengetahuan maka secara bertahap pekerja lokal yang bekerja di perusahaan terutama industri di Cimahi bisa mempunyai daya saing. “Maka secara bertahap kemampuan pekerja lokal akan mengalami peningkatan,” katanya.

Selain itu, Pemerintah Kota Cimahi juga terus berupaya menyiapkan pemuda dan para pencari kerja yang unggul dan siap bersaing.
Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Cimahi, Atty Suharti. Atty melanjutkan, persiapan itu sebagai upaya menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dituntut mampu bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri.

“Perlu mempersiapkan daya pemuda unggul dan para pencari kerjanya agar mereka menjadi pekerja yang tangguh’dan menjadi entrepreneur yang handal,” katanya.

Upaya yang sedang dilakukan Pemkot Cimahi, kata Atty, salah satunya dengan membentuk Akademi Komunitas Negeri (AKN) program D2 program studi otomasi, animasi, dan telematika.

Ia menargetkan, 2016 AKN tersebut sudah menghasilkan sumber daya manusia yang handal dan siapa bersaing di dunia kerja.
“Pada 2016 sudah mulai menghasilkan SDM yang handal dalam persiapan penetrasi pasar kerja,” katanya. (bbb/yaz)

Feeds