Empat Jalur Ini Berubah Status

Jalan

Ilustrasi

POJOKSATU.id,SUBANG-Status empat ruas jalan kabupaten yang sering menjadi jalur alternatif setiap musim mudik lebaran akan diusulkan menjadi jalan provinsi. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD, Agus Masykur Rosyadi. Ia mengungkapkan, empat jalan tersebut yaitu ruas jalan Pabuaran-Cipendeuy, Cipunagara, Dangdeur-Pagaden dan Kalijati-Purwadadi.

“Ketiga jalur itu merupakan jalur alternatif kalau musim lebaran. Satu lagi jalur Kalijati itu sudah menjadi rintisan dan sudah dianggarkan oleh pemprov Jabar,” ujar Agus. Namun untuk bisa tidaknya diubah menjadi jalur provinsi, kata Agus, kewenangannya ada di Kementerian Perhubungan. “Nanti diusulkan dulu ke provinsi, setelah itu provinsi akan menyampaikan ke kementerian, nah untuk diizinknan apa tidaknya itu di menteri,” tegasnya.

Selain itu dirinya mengkritisi banyaknya jalan kabupaten yang kondisinya sekarang menjadi rusak akibat pembangunan jalan tol Cipali. “Jalan yang rusak akibat aktivitas lain seperti pembangun jalan tol dan pabrik seharusnya ada kepedulain dengan CSR-nya untuk perbaiki jalan di sekitarnya,” tutur Agus.

Sementara itu Tola, warga Desa Bendungan mendukung wacana merubah status jalur Dangdeur menuju Pagaden untuk diubah menjadi jalan provinsi, karena selama ini kondisinya sangat memprihatinkan.“Kali aja kalau sudah jadi jalan provinsi bisa bagus, padahal ini jalur alternatif kalau lebaran.  Kasian yang mudik bisa celaka karena jalanya rusak parah, apalagi sekarang akibat jalan tol banyak kendaraan besar jadi tambah parah,” tutupnya.(ded/man/yaz)

 

 

Feeds