Kecamatan Terisolir Puluhan Tahun Itu Dibuka TNI

Berita Terkini Purwakarta

TNI dan masyarakat membuka wilayah teriolir di Purwakarta. | Foto: Ade Winanto

POJOKSATU.id, PURWAKARTA – Puluhan tahun lamanya Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, ini terisolir. Namun kini, masyarakat di kecamatan termuda di Purwakarta ini gembira karena bakal punya jalan menuju pusat kabupaten.

Ya, itu setelah Pemerintah Kabupaten Purwakarta menganggarkan Rp 24 miliar untuk membuka jalan menghubungkan Kecamatan Maniis dan Sukasari.  Jalan yang akan dibuka itu sepanjang 26.5 kilometer, membelah hutan belantara dan perbukitan antara Kabupaten Purwakarta yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur.

Pemkab Purwakarta menggandeng TNI AD dari Kodim 0619 Purwakarta dan Korem 063 dalam membuka wilayah terisolir ini.

“Kami menargetkan pembukaan jalan untuk kecamatan terisolir ini bisa selesai dalam waktu tiga bulan. Jika cuaca mendukung, itu sangat memungkinkan,” ujar Komandan Regional Militer (Korem)063 Kolonel Infranteri Sutjipto.

Keterlibatan militer, kata dia, hanya sebatas membantu dan pendampingan agar pekerjaan dengan membuka hutan ini bisa segera selesai dan tepat waktu.

“Personil yang kami terjunkan 200 anggota dan dibantu  masyarakat secara bergotong royong,” tambahnya.

Ia juga mengakui medan akses jalan  di kecamatan terisolir ini akan dihadapi cukup terjal dan sulit. Medan dengan tanah merah, bebukitan, hingga areal hutan belantara akan disulap jadi jalan yang akan meningkatkan aktivitas ekonomi dua daerah itu.

“Tidak ada yang tidak bisa, anggota TNI harus bisa. Apalagi ini dikerjakan dengan bersama-sama dan bergotong royong bersama masyarakat,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Dadan Koswara mengatakan pembukaan jalan yang menghubungkan dua daerah itu, juga sekaligus menghubungkan tiga kabupaten. Purwakarta, Cianjur hingga Karawang.

“Di samping meningkatkan aktifitas perekonomian hingga pariwisata, pembukaan jalan ini sekaligus membuka jalan lintas kabupaten,” jelas wakil bupati.

(adw/kan/ps)

Feeds