Segini Total PTPS Rekrutan Panwaslu Purwakarta

Ilustrasi Pilkada 2018.

Ilustrasi Pilkada 2018.

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA– Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta sejak sepekan kemarin mulai merekrut ribuan pengawas yang akan ditempatkan di masing masing TPS (Tempat Pemungutan Suara) se Kabupaten Purwakarta.

“Betul. Totalnya 1492 orang PTPS yang kita rekrut,” kata Ketua Panwaslu Kab Purwakarta, Oyang Este Binos, S.Fil.I, Selasa 29 Mei 2018.

Menurutnya, proses rekrutmen dilakukan oleh masing masing Panwaslu tingkat kecamatan dibantu PPL (Pengawas Pemilu Lapangan). Tahapan dimulai dengan penerimaan dokumen pendaftaran, tanggapan publik, wawancara lalu penetapan dan pelantikan.

Baca:

“Target tanggal 3 Juni 2018, pendaftar yang memenuhi syarat sudah dilantik,” ujarnya.

Sebagaimana petunjuk UU 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dan Perbawaslu No 19 Tahun 2017 Tentang Pembentukan dan Pemberhentian Petugas Pengawas bahwa syarat menjadi Pengawas TPS diantaranya Warga Negara Indonesia, berusia minimal 25 tahun, sehat jasmani dan rohani, bukan pengurus partai politik serta pendidikan minimal SLTA/sederajat.

“Rekrutmen dilakukan terbuka dan diumumkan ke publik,” ujarnya.

Adapun tugas PTPS, jelas Binos yakni melakukan pengawasan terhadap jalannya pemungutan suara dari mulai persiapan, pelaksanaan, hingga proses penghitungan suara dilakukan. Termasuk mengawasi pergerakan logistik pemilu dari TPS ke PPS maupun sebaliknya. PTPS juga berkewajiban melaporkan hasil pengawasannya ke PPL di tingkat desa.

“Masa kerja PTPS, kurang lebih satu bulan,” katanya.

(bon/rmol/pojokjabar)


loading...

Feeds