Mendagri Kritik Bawaslu Terkait Debat Publik Kedua Pilgub Jabar di UI Depok

RICUH: Massa pendukung pasangan Hasanah memprotes salah satu pernyataan yang diungkapkan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu terkait Gantipresiden2019.

RICUH: Massa pendukung pasangan Hasanah memprotes salah satu pernyataan yang diungkapkan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu terkait Gantipresiden2019.

POJOKJABAR.com, DEPOK – Debat publik kedua pilgub Jabar yang digelar di kampus UI, Depok, Senin (14/5/18) sempat diwarnai kericuhan. Menurut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, kericuhan tak perlu terjadi jika Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menjalankan fungsinya.

Tjahjo mengaku, belum mengetahui bagaimana aturan dari Bawaslu. Namun demikian, seharusnya Bawaslu mengingatkan jika acara debat dan adu program ini keluar dari konteksnya.

“Walaupun belum menyebutkan nama, tapi kan konteksnya kan berbeda,” kata Tjahjo, Selasa (15/5/18).

Menurut Tjahjo, masing-masing pasangan calon tidak bertindak provokatif. Setiap pasangan calon harus tetap membangun iklim sejuk dan tidak merangsang masyarakat dengan menjungkirbalikkan etika berpolitik.

Fadli Zon Nyinyir Bela Kaos Putih “2018 Asyik Menang, 2019 Ganti Presiden”

Mendagri juga menyampaikan, menjelang dilangsungkan pemilu, pemerintah juga telah melakukan pemetaan sampai detail area-area yang dimungkinkan rawan terhadap potensi konflik.

“Seperti, daftar pemilih tetap (DPT) hingga masalah KTP-el yang hingga saat ini belum selesai,” kata Tjahjo.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat (Jabar) Yayat Hidayat mengatakan, pihaknya sudah memutuskan bahwa pasangan calon (paslon) nomor urut 3, Sudrajat-Ahmad Syaikhu, melanggar ketentuan debat publik pilkada 2018.

KPU akan memberi sanksi kepada paslon yang biasa disapa dengan sebutan Asyik itu. Menurut Yayat, Bawaslu akan mengeluarkan pernyataan sikap secara resmi terkait insiden ujaran #2019GantiPresiden dalam debat publik kedua Pilkada Jabar yang digelar Senin (14/5/18) malam. Seruan Sudrajat soal #2019GantiPresiden pada debat publik memicu emosi pendukung paslon lain.


loading...

Feeds

Gempita Nusantara

Unjuk Busana Daerah pada Gempita Nusantara

GRAND Metropolitan Bekasi menggelar acara yang didukung Kementerian Pariwisata Republik Indonesia bertajuk Gempita Nusantara, Hal tersebut disampaikan oleh General Manager …