Sekum Golkar: Palestina Ingin Rahmat Effendi Bangun Sister City

Calon wali kota Bekasi Rahmat Effendi (kiri) bersalaman dengan Dubes Palestina Zuhair Alshun (kanan) usai diskusi di Kayuringin, Bekasi Selatan, kemarin.

Calon wali kota Bekasi Rahmat Effendi (kiri) bersalaman dengan Dubes Palestina Zuhair Alshun (kanan) usai diskusi di Kayuringin, Bekasi Selatan, kemarin.

POJOKJABAR.com, BEKASI – Keragaman, kedamaian, dan keamanan antarumat beragama di Kota Bekasi rupanya mendapat apresiasi dari negeri di Timur Tengah. Palestina, misalnya ingin menjalin kerjasama Sister City dengan Kota Bekasi yang dianggap berhasil membangun keharmonisan antariman para pemeluk beragama.

Hal itu terungkap dalam diskusi ‘Memantapkan Ukhuwah dan Kesatuan Umat’ yang dihadiri langsung Dubes Palestina, Dr. Zuhair Alshun dan calon wali kota Bekasi Rahmat Effendi di Rumah Makan Simpang Raya, Jl. Jendral Sudirman, Kayuringin, Bekasi Selatan, Minggu (15/4/2018). Bang Pepen, hadir sebagai tamu undangan khusus Imam al Muslimin KH. Yakshalah Mansyur Masjid Baitul Muttaqin.

Dalam diskusi itu, Bang Pepen tidak sendiri. Ikut hadir dalam pertemuan tersebut, Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Bekasi Heri Budisusetyo dan pengurus partai Golkar lainnya, Tb Hendra Suherman.

Heri Budisusetyo mengatakan Dubes Palestina Zuhair Alshun memuji keberhasilan yang dicapai Rahmat Effendi dalam memimpin Kota Bekasi pada saat menjabat wali kota Bekasi.

“Ini jelas terlihat Bekasi sebagai kota yang sangat plural dan heterogen yang didalamnya diisi dengan berbagai umat beragama, tapi tetap hidup harmonis berdampingan dan rukun dalam kedamaian,” ujarnya menyampaikan pujian yang disampaikan dubes Palestina.

“Dubes Palestina juga mengatakan meskipun di saat isu-isu secara global yang sedang terjadi, yakni kerukunan antar umat yang sedang tidak baik. Berbeda halnya di Kota Bekasi yang begitu aman dan damai, ukhuwah Islamiyah begitu hidup serta berkembang dalam suasana rukun dan damai,” paparnya.

Melihat semua itu, Heri menyebutkan Dubes Palestina ingin bekerja sama membuat Sister City yang mempunyai ikatan persaudaraan antara kota yang sudah disepakati antar Kota Bekasi dan kota-kota yang ada di negara Palestina.

“Dubes tadi juga menyampaikan pujian terhadap Rahmat Effendi yang sangat cakap dalam hal memimpin daerah dengan jumlah banyak suku dan agama yang tinggal di wilayah yang dipimpin pada saat itu. Rahmat Effendi tidak hanya berbicara kerukunan umat beragama serta perdamaian di tingkat lokal, tetapi sudah berbicara pada tatanan dunia global,” pungkas Heri.

Rahmat Effendi mengatakan warga di wilayahnya semakin heterogen, sehingga masyarakat diimbau untuk mengedepankan sikap toleransi.

“Komposisi warga semakin beragam, ditambah dengan perbedaan dalam hal kepercayaan, sikap toleran atas berbagai perbedaan itu yang semestinya dikedepankan,” kata pria yang akrab disapa Bang Pepen.

Ia mengatakan, warga Bekasi sudah seharusnya hidup harmonis sesuai visi kota itu yang berkorelasi dengan nilai-nilai religiusitas.

“Antar warga yang memiliki perbedaan latar belakang juga kepercayaan, kita harus hidup harmonis. sebagai muslim saya ingin menciptakan keharmonisan di Kota Bekasi,” tegasnya.

(sar/pojokjabar)


loading...

Feeds