Sah, Pilgub Jabar 2018 Dimulai!

KOMPAK: Empat bapaslon cagub dan cawagub Jabar tampak kompak bergandengan tangan saat akan menjalani tes kesehatan di RS Hasan Sadikin Bandung, kamis (11/1/18). RMOL

KOMPAK: Empat bapaslon cagub dan cawagub Jabar tampak kompak bergandengan tangan saat akan menjalani tes kesehatan di RS Hasan Sadikin Bandung, kamis (11/1/18). RMOL

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat telah sahih menetapkan keempat pasangan calon (paslon) gubernur Jabar dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Barat (pilgub Jabar) 2018.

Penetapan diumumkan oleh KPU Jabar usai menggelar rapat pleno di Kantor KPU, Jalan Garut, Kota Bandung, Senin (12/2/18).

Calon gubernur Jabar yang dinyatakan sah diantaranya Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum yang diusung Partai Nasdem, PKB, PPP, dan Partai Hanura. Lalu, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang diusung Partai Golkar dan Partai Demokrat.

Selanjutnya Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang diusung Partai Gerindra, PKS, dan PAN. Yang terakhir adalah pasangan yang diusung Tubagus Hasanuddin- Anton Charliyan.

Mereka dinyatakan lolos dan memenuhi persyaratan dan perundang-undangan untuk mengikuti Pilgub Jabar 2018. Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat menyatakan, keempat pasang lolos dalam setiap tahapan yang ditetapkan oleh KPU, dari mulai pendaftaran hingga pemeriksaan kesehatan.

“Setelah ditetapkan, seluruh pasangan calon akan terikat dengan aturan tentang kampanye,” ucap Yayat.

KPU Jabar meminta semua alat sosialisasi yang telah dipasang oleh keempat tim pemenangan, mulai dari spanduk sampai baliho agar ditertibkan, terutama setelah mempunyai nomor urut.

Ia menjelaskan, alat sosialisasi yang sudah dipasang itu bukan termasuk alat peraga kampanye sesuai aturan.

“Tanggal 15 nanti kami akan memberikan simbolis alat peraga kepada seluruh pasangan calon. Dari situ, alat peraga sebelumnya harus ditertibkan,” terangnya.

Terkait penetapan nomor urut, seluruh pasangan dijadwalkan mendapatkannya hari ini, Selasa (13/2/18) di Sarana Olahraga (SOR) Arcamanik Bandung. Di tempat yang sama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengingatkan, seluruh pasangan calon segera merampungkan surat cuti dan pengunduran diri dari institusi yang masih melekat.

Bawaslu memberikan tenggat waktu kepada pasangan calon yang masih terikat dalam urusan pemerintah segera menyelesaikan surat izin cuti dari institusi yang masih melekat.

Paling lambat, surat itu diserahakan pada Kamis (15/2/18). Ketua Bawaslu Jabar, Harminus Koto menyebut, calon gubernur Jabar yang wajib menyerahkan surat cuti adalah Deddy Mizwar sebagai Wakil Gubernur Jabar, Dedi Mulyadi sebagai Bupati Purwakarta, Ridwan Kamil sebagai Walikota Bandung, Uu Ruzhanul Ulum sebagai Bupati Tasikmalaya, dan Ahmad Syaikhu sebagai Wakil Wali Kota Bekasi.

Selain cuti dari kepala daerah, ada sejumlah calon yang harus menyerahkan surat pengunduran diri. Mereka adalah TB Hasanuddin yang merupakan anggota dari DPR RI. Pasangannya, Anton Charliyan pun harus menyerahkan surat pengunduran diri dari Polri.

Jika merujuk pada aturan, surat pengunduran diri dari mereka paling lambat diserahkan pada 28 Mei 2018. Pengunduran diri juga berlaku untuk Ridwan Kamil sebagai aparatur sipil negara (ASN).

(RBD/bbb/pojokjabar)


loading...

Feeds

Michael Essien

Michael Essien Tetap di Persib Bandung

Rumor hengkangnya Michael Essien dari Tim Persib Bandung terbantah sudah. Pemain berjuluk Bison itu kembali berlatih bersama skuad Maung Bandung …
Kepala smpn 1 Sumber, Heri Purnama (berdiri) saat melakuka monitoring pelaksanaan simulasi UNBK. Foto: Dede/pojokjabar.com

SMPN 1 Sumber Siap Laksanakan UNBK

POJOKJABAR.com, CIREBON – Jelang pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer untuk tahun ke 2, SMPN 1 Sumber terus berbenah, dari mulai …