Sah! KPU Tetapkan Tiga Pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati

Ilustrasi KPU

Ilustrasi KPU

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA– Hari ini KPU Purwakarta menetapkan 3 pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati.

Ketiga pasangan yang ditetapkan oleh KPU baik dari pasangan yang diusung oleh partai politik maupun jalur perseorangan. Ketiga pasangan selanjutnya akan melakukan pengundian nomor urut pasangan.

Hal ini sebagaimana disampaikan ketua KPU, Ramlan Maulana, saat usai acara penetapan pasangan bupati dan wakil bupati di kantor KPU.

“Ada 3 pasangan yang hari ini sudah ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati, selanjutnya para pasangan ini akan maju ketahapan berikutnya yaitu melakukan pengundian nomor urut,” ujar Ramlan.

Ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati yang telah ditetapkan oleh KPU, yaitu pasangan dari perseorangan Zaenal Arifin dan Luthfi Bamala, pasangan ini merupakan salah satu sejarah baru selama Pilkada Purwakarta yang maju tanpa menggunakan perahu partai poltik.

Baca juga: Pengamat Politik: Panwaslu Harus Terus Kawal Soal Dokumen Fiktif

“Kemudian ada pasangan Anne-Aming yang di usung oleh koalisi partai, selanjutnya pasangan Padil-Aman yang juga di usung oleh koalisi partai,” tambah Ramlan.

Seperti diketahui pasangan Anne – Aming diusung oleh koalisi gemuk partai politik, pasangan ini diusung oleh partai Golkar, PKB, Nasdem, PAN, Hanura dan Demokrat dari keenam partai tersebut jumlah kursi diatas 30 kursi keterwakilan anggota DPRD.

Sedangkan untuk pasangan Padil dan Aman pasangan ini diusung oleh partai PDIP dan PPP kedua partai ini mengantongi 12 kursi di parlemen, dari ambang batas yang ditetapkan sebanyak 9 kurdi DPRD atua 20% dari seluruh jumlah kursi di DPRD Purwakarta yang berjumlah 45 kursi.

Sedangkan untuk partai Gerindra hingga saat ini masih menunggu banding. Kabarnya pasangan yang diusung Gerindra akan banding. Setelah mengajukan sengketa Pilkada di Panwas Kabupaten dan PTTUN kalah.

Kemungkinan terbesar Gerindra Purwakarta memiliki dua opsi, bila tidak menjadi penonton maka akan memberikan dukungan kepada salah satu kandidat calon bupati dan wakil bupati.

(Adw/pojokjabar)


loading...

Feeds