Angka Kemiskinan dan Pengangguran di Sumedang Masih Tinggi, Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumedang 2018 Akan Lakukan Ini

KETERANGAN PERS: Bapaslon bupati wakil bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir dan Erwan Setiawan didampingi Umuh Muchtar menyampaikan keterangan pers. AGUN GUNAWAN/RADAR SUMEDANG

KETERANGAN PERS: Bapaslon bupati wakil bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir dan Erwan Setiawan didampingi Umuh Muchtar menyampaikan keterangan pers. AGUN GUNAWAN/RADAR SUMEDANG

POJOKJABAR.com, SUMEDANG – Pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Sumedang, H Dony Ahmad Munir dan Erwan Setiawan menjanjikan akan membenahi masalah yang ada di Sumedang.

Pasangan dengan sebutan Doamu-Esa ini menilai ada 5 masalah utama Sumedang yang harus segera dibenahi. “Menghadapi Pilkada 2018 kami akan memulai dari 5 masalah yang dihadapi Sumedang, yaitu pertama masalah kemiskinan dan pengangguran, kedua masalah akses transportasi dan infrastruktur, yang ketiga masalah investasi, kemudian kinerja Pemda dan terakhir pendidikan dan kesehatan,” katanya.

Dony menjelaskan, kemiskinan di Sumedang mencapai 11 persen, melibihi persentase angka kemiskinan nasional. Sementara angka pengangguran di Sumedang cukup tinggi, yakni 7 persen.

Kemudian akses infrastruktur jalan yang bisa menghambat mobilisasi warga. Dony juga menyoroti terbatasnya investasi yang bisa menghambat pertumbuhan ekonomi di Sumedang. Kinerja Pemda Sumedang yang harus dioptimalkan juga menjadi sorotan. Lalu masalah pendidikan yang dianggap masih memberatkan masyarakat.

“Kita akan lanjutkan program almarhum H. Endang Sukandar, yakni sekolah bebas biaya hingga tingkat SLTA. Meski kewenangannya ada di provinsi tapi kami akan terus berkoordinasi,” ujarnya.

Meski dihadapi 5 masalah tersebut, tambah Dony, Sumedang memiliki 6 potensi utama yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Enam potensi itu adalah SDM, SDA, letak Sumedang yang strategis karena merupakan penyangga ibu kota provinsi (Kota Bandung), modal sejarah budaya dan kearifan lokal, kawasan terpadu wisata ekonomi, dan pusat ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Inilah grand desain kami. Dengan dasarnya adalah reformasi birokrat yang bersifat strong leadership sistem. Menurut kami ini akan menjadi puncak dari kesejahteraan masyarakat Sumedang. Mudahmudahan nanti dalam kepemimpinan kami Sumedang bisa menjadi kabupaten yang unggul dalam segala bidang khususnya di tingkat Jawa Barat,” ujarnya.

Erwan menambahkan, Doamu Esa juga akan membenahi olahraga Sumedang. Tidak hanya sepakbola, namun semua cabang olahraga menjadi prioritas pasangan tersebut. Upaya tersebut, kata Erwan, dengan membangun infrastruktur olahraga.

“Kota Bandung juga bisa membangun stadion yang megah bertaraf internasional, mereka hanya menyediakan lahannya saja, sementara anggaran 70 persennya dari provinsi, saya yakin Sumedang juga bisa,” ucap Erwan.

(RBD/gun/pojokjabar)


loading...

Feeds

Obrolan Bersama Pojokjabar Tentang Pilbup Bogor di Graha Pena, Kamis (14/12/2017)

Pilbup 2018 di Mata Kader PDIP

POJOKJABAR.com, BOGOR– Sejumlah tokoh di Kabupaten Bogor yang ramai di media soal bursa pencalonan cabup/cawabup, dipertemukan Pojokjabar.com di Graha Pena …