KPU Kota Bekasi Kesulitan Validasi Pemilih di Apartemen

Di Kota Bekasi terdapat banyak apartemen. Penghuni apartemen juga memiliki hak untuk memilih.

Di Kota Bekasi terdapat banyak apartemen. Penghuni apartemen juga memiliki hak untuk memilih.

POJOKJABAR.com, BEKASI – KPU Kota Bekasi saat ini sedang fokus melakukan validasi jumlah pemilih di hunian vertical, seperti apartemen dan rusunawa.

Anggota KPU Kota Bekasi, Syafrudin, mengaku proses validasi di hunian vertikal akan menemui kesulitan. Karena itu, lembaganya berusaha untuk membuka komunikasi dengan pengelola hunian vertikal agar proses validasi yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) berjalan lancar.

“Iya (kesulitan). Kami lagi coba buka komunikasi dengan pengelola hunian vertikal agar saat PPDP melakukan coklit tidak ada kendala,” ujar Syafrudin.
Sebanyak 1,8 juta jiwa warga Kota Bekasi diperkirakan mencoblos di Pilkada Serentak 2018. Jumlah itu meningkat lima persen dari jumlah pemilih legislatif pada 2014.

Menurut Syafrudin, potensi pemilih pilkada yang berasal dari penghuni apartemen cukup tinggi. Namun ia belum bisa merinci secara detil jumlahnya.
“Perkiraan di kisaran 20 ribuan,” katanya.

Biasanya, penghuni hunian vertikal bersifat acuh tak acuh dalam pesta demokrasi lima tahunan. Menurut Syafrudin, penyelenggara pilkada hanya berkepentingan mengakomodir warga Negara Indonesia (WNI) di Kota Bekasi yang memiliki hak memilih dan dipilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Soal acuh tak acuh saat hari dan tanggal pemungutan suara, lanjut dia, penyelenggara hanya bisa mengimbau dan berharap kepada pemilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan cara selalu memberikan sosialisasi secara masif oleh PPK, PPS, dan KPPS. Seperti mendatanginya dan memasang spanduk sosialisasi.

“Peserta pilkada juga punya kewajiban untuk memotivasi pemilih dimaksud, mereka yang sangat berkepentingan terkait perolehan suara masing-masing pasangan calon,” katanya.

(oke)


loading...

Feeds

Obrolan Bersama Pojokjabar Tentang Pilbup Bogor di Graha Pena, Kamis (14/12/2017)

Pilbup 2018 di Mata Kader PDIP

POJOKJABAR.com, BOGOR– Sejumlah tokoh di Kabupaten Bogor yang ramai di media soal bursa pencalonan cabup/cawabup, dipertemukan Pojokjabar.com di Graha Pena …