Hanya Persib dan Arema Lolos Verifikasi AFC

Persib lolos AFC bersama Arema

Persib lolos AFC bersama Arema

POJOKJABAR.com, JAKARTA – Sidang Komite Lisensi Klub PSSI pada Kamis (26/10/2017) pagi akhirnya mengumumkan klub-klub yang lolos verifikasi untuk mendapatkan lisensi klub profesional dengan standar AFC. Dua klub yang lolos itu adalah Arema FC dan Persib Bandung.

Sementara tiga klub, yaitu Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta diberikan waktu hingga tiga bulan ke depan untuk melengkapi dokumen yang diperlukan agar bisa dinyatakan lolos verifikasi.

Sebagai informasi, lisensi klub profesional dengan standar AFC menjadi salah satu syarat satu klub bisa berpartisipasi dalam turnamen level Asia yang digelar AFC.

PSSI sudah melakukan verifikasi ini sejak April 2017 mengingat tenggat pendaftaran untuk turnamen-turnamen yang digelar AFC untuk tahun depan itu jatuh pada 22 November 2017.

“Komite Lisensi Klub PSSI sudah menyelesaikan verfikasi. Kepada klub-klub lain yang belum dinyatakan lolos dalam proses ini, kami berikan waktu untuk mengajukan banding dalam waktu dua hari ke depan. Kami berharap klub bisa memenuhi standar yang telah ditetapkan sehingga bisa mendapatkan lisensi dan berpeluang berpartisipasi di kompetisi level Asia,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Setelah semua permintaan banding masuk, Komite Lisensi dijadwalkan menyampaikan keputusan final mereka pada 31 Oktober mendatang. Untuk lolos verifikasi lisensi klub profesional dengan standar AFC, klub harus memenuhi lima aspek penilaian, yakni legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, serta sporting (pembinaan usia dini).

Indonesia dalam hal ini PSSI, mendapat jatah tampil pada dua turnamen level Asia yang diselenggarakan AFC. Yakni satu klub yang tampil di play-off Liga Champions Asia 2018 serta dua klub bermain di Piala AFC 2018.

Mengacu pada regulasi yang ada, klub pemenang Liga 1 2017 yang akan mewakili Indonesia pada play-off Liga Champions Asia sementara runner-up dan peringkat ketiga tampil di Piala AFC.

Namun, bila tim peringkat pertama hingga ketiga tak lolos verifikasi lisensi klub profesional dengan standar AFC, praktis mereka bakal gugur karena hanya klub yang memiliki lisensi AFC yang bisa tampil.

Sesuai aturan AFC, AFC akan melihat posisi klub yang berada pada peringkat pertama sampai kesembilan. Posisi teratas akan menjadi prioritas dengan syarat pemenuhan lisensi AFC.

“Jadi, jika klub juara liga tidak memiliki lisensi AFC, jatah play-off Liga Champions akan diberikan kepada klub yang berada di peringkat berikutnya yang telah memiliki lisensi AFC. Demikian juga untuk penetapan jatah tiket Piala AFC. Untuk pendaftaran, kami masih menunggu sampai kompetisi berakhir. AFC memberikan deadline hingga 22 November dan kami akan daftarkan klub sebelum deadline itu,” imbuh Tisha.

Di sisi lain, Liga 1 musim 2017 berakhir pada 12 November 2017 sehingga masih ada waktu sekitar 10 hari sebelum tenggat waktu pendaftaran klub.

(pra/ben)


loading...

Feeds

Suspect Difteri

5 Warga Bekasi Suspect Difteri

Penderita Difteri di Kota Bekasi bertambah. 5 orang dinyatakan positif suspect penyakit mematikan itu. Kelimanya berada di sejumlah rumah sakit …