Kecamatan Pegang Peranan Vital Lomba Desa

Lomba Desa

Ilustrasi

POJOKSATU.id,BANDUNG-Lomba desa yang akan diselengarakan pada tahun sekarang mengacu ke dalam aturan Kepmendagri Nomor 13 Tahun 2007 yaitu bahwa peraturan perlombaan yang diikutsertakan oleh setiap desa, yang nantinya mewakili setiap kecamatan, serta dengan keikutsertaanya itu oleh beberapa perwakilan desa di dalam perlombaan tersebut dan nantinya akan diperlombakan pada tingkat kabupaten dan provinsi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi BPMPD Ramsey, Jumat ( 10/4). Ia mengatakan, bahwa dalam lomba desa pada kali ini, setiap kecamatan akan diberikan tugas untuk memilih salah-satu desa saja, dengan begitu pihak kecamatan mempunyai tim khusus dalam penilaian lomba desa.

Pasalnya, proses penilaian tersebut dilakukan pihak kecamatan yang akan memilih satu desa yang berhak mengikuti lomba tersebut, terutama di dalam pelaksanaannya. Sehingga pihak kecamatan berperan penting sekali sebagai kemajuan dari desa itu. “Perlombaan itu akan dimulai pada tanggal 30 April 2015. Sistem yang dilakukan untuk kegiatan di dalam lomba desa itu, berdasarkan tim yang dibentuk langsung oleh pihak kecamatan,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan begitu nantinya pihak kecamatan akan menyampaikan secara langsung kepada BPMPD, mekanisme kemungkinan pihak kecamatan akan melaporkan siapa saja yang akan ikut dalam lomba desa itu, bahkan nantinya pihak kecamatan sendiri  akan melakukan jadwal dan melakukan penilaian siapa yang akan layak diikutsertakan, dalam perlombaan desa di tingkat kabupaten.

Ia menyebut, ada 16 kecamatan yang ikut dalam lomba desa kali ini, dengan begitu nantinya setiap kecamatan akan mewakili 1 desa, serta penilaian yang dilakukan untuk perlombaan desa berdasarkan 8 indikator yaitu, Pendidikan, Kesehatan, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi masyarakat, Keamanan dan ketertiban masyarakat, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga masyarakat serta pemberdayaaan dan kesejahteraan masyarakat yang dijadikan tolak ukur dalam penilaian desa tersebut.

“Kita sebagai pihak BPMPD mendorong keterkaitan kecamataan dalam bidang pembinaan dan pengawasan yang dilakukanya dalam setiap kegiatan, sehingga dengan adanya lomba desa itu,akan mendorong setiap desa. Buktinya desa-desa sekarang telah berjalan sesuai dengan administrasinya, yang menjadi masalah justru dalam segi kualitasnya sehingga konsitensinya berkurang,” tandasnya. (cr3/yaz)

 

Feeds