Sosialisasi Program KB Karawang, Alat Kontrasepsi Lebih Diminati

Ilustrasi/Kontrasepsi jangka panjang (MKJP) memiliki rentang waktu yang lama. Ini sangat dianjurkan bagi yang ingin membuat jarak kehamilan relatif jauh.

Ilustrasi/Kontrasepsi jangka panjang (MKJP) memiliki rentang waktu yang lama. Ini sangat dianjurkan bagi yang ingin membuat jarak kehamilan relatif jauh.

PEMERINTAH Kabupaten Karawang melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) terus gencar mensosialisasikan program Keluarga Berencana (KB). Salah satu programnya yakni dengan mendirikan kampung KB di sejumlah desa.

Menurut Kepala Seksi Pengendalian Penduduk DPPKB Kabupaten Karawang, Solehudin, program KB di Karawang dapat dikatakan berhasil.

Hal itu dibuktikan dari hasil data pertengahan tahun 2018 ini dihitung dari awal tahun Januari sampai dengan Juli 2018 program KB terus berjalan.

“Dengan adanya kampung KB di beberapa desa yang ada Kabupaten Karawang salah satu prestasi. Dari total peserta KB aktif atau yang sudah mengikuti program KB berjumlah kisaran 70 persen,” kata Solehudin, Kamis (02/8/2018).

Program KB yang disediakan mulai dari suntik, alat kontrasepsi, pil dan Medis Operatif Wanita (MOW) dan Medis Operatif Pria (MOP).

Diantara metode tersebut yang paling banyak diminati adalah metode kontrasepsi. Solehudin menyebutkan, jumlah peserta KB aktif menggunakan kontrasepsi berjumlah 356.920 orang. Sedangkan MOW baru 581 orang.

Sementara, total jumlah penduduk yang menggunakan metode Medis Operatif Wanita (MOW) sekitar 9.294 atau sebanyak 2.60%. Sementara untuk Medis Operatif Pria (MOP) berjumlah 2.607 orang.

Ia menambahkan, yang menggunakan alat kontrasepsi suntik jumlahnya berkisar 20.857. Dan yang menggunakan pil jumlahnya berkisar 13.661. Juga pencapaian akseptor baru sampai dengan bulan Juni mencapai 52 persen dari target perkiraan permintaan masyarakat.

“Untuk ibu-ibu yang ingin mengikuti program KB silahkan saja tanpa ada unsur paksaan. Lagi pula sudah di sediakan kampung KB di beberapa desa,” pungkasnya.
(lea/pojokjabar)


loading...

Feeds