Penyakit ISPA Masih Jadi Penyakit Terbanyak di Wilayah Kecamatan Cikampek

RAMAI : Suasana ruang tunggu pasien Puskesmas Cikampek ramai dipadati pengunjung. Kondisi tersebut terjadi setiap hari kerja. ASEP SOPIAN/RADAR KARAWANG

RAMAI : Suasana ruang tunggu pasien Puskesmas Cikampek ramai dipadati pengunjung. Kondisi tersebut terjadi setiap hari kerja. ASEP SOPIAN/RADAR KARAWANG

POJOKJABAR.com, KARAWANG – Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) seperti biasa masih menjadi penyakit yang paling tinggi di wilayah Kecamatan Cikampek. Hal itu terungkap dari data yang tercatat di Puskesmas Cikampek mulai dari bulan Januari hingga Juni lalu.

Dr.H. Deddy Ferry Rachmat Santoso,MKM, Kepala Puskesmas Cikampek menyampaikan, selama beberapa bulan terakhir penyakit yang paling banyak diderita oleh pasien ialah penyakit ISPA. selama tahun 2018 ini ada 3.610 orang penderita ISPA.

”Ada 10 penyakit yang banyak diderita oleh pasien disini dan yang terbanyak ialah penyakit ISPA,” ujar Deddy, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (13/7).

Adapun upaya untuk mengatasi hal tersebut dengan melalui program inovasi yaitu Laki-laki Asal Karawang Pemburu Nyamuk Aedes Aegyfty (LASKAR RUNYAM ATI) dan Ibu-ibu Cekatan Antisipasi Jentik dan Nyamuk (II CANTIKNYA). Dua program tersebut merupakan bagian dari program esensial Pencegahan Penyakit Menular (P2M).

selain dengan 2 program yang disebutkan tadi, ia juga menerapkan program Kuratif, Preventif dan Promotif yang merupakan standar pelayanan kesehatan.

”Kalau kuratif adalah pengobatan, sedangkan preventif dan promotif lebih kepencegahan,” jelasnya.

Sulastri (26), warga Dawuan Tengah yang merupakan salah seorang pasien yang berobat di Puskesmas Cikampek menyampaikan, sudah menderita penyakit lambung selama 1 tahun, bahkan sudah 3 kali dirawat di beberapa rumah sakit yang ada di Cikampek.

”saya sudah 3 kali dirawat di beberapa Rumah Sakit dan sekarang berobat jalan disini,” ungkapnya.

Selain sulastri, Siti Sadiah (35), warga cikampek selatan juga sedang menjalani proses pengobatan di Puskesmas Cikampek, ia menderita penyakit darah tinggi yang menyebabkan dirinya selalu merasa sakit dan pusing dibagian kepalanya.

”Kalau saya darah tinggi, suka pusing dibagian kepala,” ujarnya.

(RK/cr2/pojokjabar)


loading...

Feeds

Pelatihan wirausaha kaum ibu di Bekasi Utara, Jumat (20/7/2018). (Foto: ist)

Ibu-ibu di Perwira Dilatih Berwirausaha

UNTUK memberikan keahlian kepada kaum perempuan untuk mandiri secara ekonomi kepada ibu-ibu diingkungan kelurahan Perwira RW 08, puluhan ibu-ibu PKK …
Salah satu penjual ponsel di BCP. (Foto: Yurizkha Aditya/PojokBekasi)

Oppo dan Xiaomi Laris Manis di BCP

SALAH satu produsen ponsel yang sedang naik daun di pasar seluler Indonesia adalah Oppo dan Xiaomi, hal tersebut disampaikan oleh Aidah …