16 Warga Desa Kutamekar Keracunan Gas Pabrik Kertas

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, KARAWANG – Untuk kesekian kalinya, warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, keracunan akibat menghirup udara yang mengandung gas clorin, yang diduga bersumber dari pabrik pipa pulp PT Pindo Deli 2.

Kali ini, jumlah korban cukup banyak. Sedikitnya 16 orang warga Desa Kutamekar dibawa ke klinik atau rumah sakit, setelah menghirup gas clorin, Senin (14/5/18) sekitar pukul 21.00 WIB.

“Korban mengalami pusing mual dan pingsan,” ungkap Kapolsek Ciampel AKP Ricky Adipratama.

Ia melanjutkan, agar tidak berdampak lebih buruk, para korban dibawa ke klinik PT Pindo Deli 2, dan dirujuk ke Rumah Sakit Rosella Karawang untuk perawatan medis lebih lanjut.

Kapolsek Ciampel AKP Ricky Adipratama mengatakan, berdasarkan dari Rohman (48) kepala sift, keracunan warga diduga akibat adanya kebocoran dari pulp hypo atau kran pengambilan sampel hypo rusak, sehingga mengalir ke wwt tercampur dengan Hcl/air regenerasi resin tower.

Akibatnya timbul bau di lokasi wwt, lalu menguap dan berhembus ke arah perkampungan penduduk. “Akibatnya warga yang menghirup gas tersebut mengalami sesak, mual dan mata perih serta muntah,” ujarnya.

Saat mengetahui kejadian itu, menurut Ricky, anggota Polsek Ciampel membawa korban ke klinik PT Pindo Deli 2. Selain itu, kepolisian juga mendata korban dan saksi kejadian.

“Koordinasi dengan pihak perusahaan dengan adanya kejadian keracunan warga, diduga akibat costic soda dari PT Pindo Deli,” ujarnya.

(radar karawang/psn)


loading...

Feeds