Begini Penjelasan BPBD Kuningan Soal Hoaks Soal Luapan Waduk Darma

Kabar hoaks soal Waduk Darma meluap resahkan masyarakat./Foto: jpc

Kabar hoaks soal Waduk Darma meluap resahkan masyarakat./Foto: jpc

POJOKJABAR.com, KUNINGAN– Kabar meluapnya Waduk Darma, yang berada di Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan ramai berseliweran di media sosial dan di grup WhatssApp (WA). Ternyata, informasi yang membuat heboh dan meresahkan itu tidak benar dan hoaks.

Kabar itu cukup meresahkan warga di wilayah Cirebon, khususnya bagi warga yang dekat dengan bantaran sungai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin menyesalkan adanya kabar menyesatkan soal meluapnya Waduk Darma karena antisipasi banjir jebolnya tanggul.

Baca juga: Ngeri! Kasatnarkoba Gedor Pintu Rumah Suami-Istri di Cileungsi, Temuannya…

“Informasi hoax itu muncul dua Minggu lalu setelah ada banjir di wilayah Cirebon beberapa hari lalu. Hoax waduk Darma Kuningan meluap itu muncul lagi,” ungkap Agus saat dikonfirmasi, Selasa (13/3).

Agus menjelaskan, bahwa kondisi Waduk Darma Kuningan masih dalam kondisi normal. Bahkan, tim BPBD dengan unsur terkait sering mengawasi perkembangan debet air di Waduk Darma.

“Kami (BPBD) pun intens memeriksa volume air di Waduk Darma. Kalau pun memang intensitas air diambang kewajaran, tim akan mengeluarkan surat resmi kewaspadaan,” jelasnya.

Baca juga: Edgar Suratman Janji Bangun dengan Kearifan Lokal Nga-Bogor, Ini Argumennya

Agus menjelaskan, bahwa BPBD bersama tim gabungan dari TNI dan warga secara rutin membersihkan sampah di waduk. Upaya itu dilakukan agar aliran air tidak terhalang oleh sampah.

“Kami rutin membersihkan eceng gondok di Waduk Darma. Sebagai upaya agar air berjalan normal. Jadi setiap saat kami terus mengecek kondisi terakhir waduk,” ujarnya.

(mar/jpc/pojokjabar)


loading...

Feeds