Haduh, 40 Ribu Motor di Kabupaten Karawang Masih Nunggak Pajak

CIKAMPEK MACET: Pengendara roda dan mobil berebut jalan di sekitar pasar Cikampek. PIAN SOPIAN/RADAR KARAWANG

CIKAMPEK MACET: Pengendara roda dan mobil berebut jalan di sekitar pasar Cikampek. PIAN SOPIAN/RADAR KARAWANG

POJOKJABAR.com, KARAWANG – Kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan di Kabupaten karawang ternyata masih rendah. Bayangkan saja dalam satu tahun ada sebanyak 40 ribu kendaraan roda dua yang belum membayar pajak kendaraanya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Program Dinas Pendapatan Samsat Ayi Jaelani di aula kantor Kecamatan Klari, Kamis (8/3). Kesal karena masih banyak yang belum melakukan pebayaran pajak, dia membuat sejumlah tim pendataan ke 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang dalam waktu 8 bulan.

Saat ini baru tiga kecamatan yang didata diantaranya Kecamatan klari, Cikampek dan Karawang Timur. ”Kita kerjasama dengan kecamatan, desa, kelurahan, dan warga yang melakukan pendataan bagi yang belum membayar pajak,” terangnya.

Pendataan tersebut juga bersifat klarifikasi dari orang yang bersangkutan, untuk mengetahui alasan mereka tidak membayar pajak kendaraannya.

Sebab, untuk pajak kendaraan di kabupaten merupakan 30 persen potensi yang dimiliki Karawang. Maka masyarakat harus memenuhi kewajibannya tersebut.

”40 ribu lebih kendaraan di Karawang yang belum membayar pajak, 30 persen potensi karawang disitu,” akunya.

Tugas dan fungsi pendataan sendiri juga tidak diperbolehkan untuk melakukan pembayaran kepada narasumber, atau warga yang didatangi untuk didata. Melainkan hanya untuk melakukan sesi wawancara atau klarifikasi alasan mereka tidak membayar pajak.

”Untuk pembayaran pajak tetap ke kita, jadi pendataan hanya klarifikasi aja. Tidak boleh menitip pembayaran atau menagih,” tuturnya.

Dia berharap dengan adaya program tersebut, bisa memberikan hasil yang positif bagi masyarakat dan pembangunan di Kabupaten Karawang. Sebab, besar kecilnya pembangunan suatu wilayah itu bisa berkembang dan maju dimulai dari kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.

”Semoga masyarakat bisa lebih sadar lagi dalam membayar pajak, untuk pembangunan daerah kita sendiri,” harapnya.

Sekretaris Kecamatan Klari Euis juga menyampaikan bahwa butuh dorongan dari pemerintah, agar masyarakat bisa sadar akan tugas dalam memenuhi kewajibannya membayar pajak. ”Minimal masyarakat bisa sadar akan kewajibannya,” pesannya.

(radar karawang/yna)


loading...

Feeds

ilustrasi

Mayat tanpa Identitas Gegerkan Warga Beberan

POJOKJABAR.com, CIREBON– Mayat tanpa identitas berjenis kelamin laki-laki menggerkan warga desa Beberan, Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon dan sekitarnya, Minggu (24/6/18). …
Di Balik Sidak Sekda Kabupaten Bekasi

Di Balik Sidak Sekda Kabupaten Bekasi

SEJUMLAH organisasi perangkat daerah (OPD) disidak oleh Sekda Kabupaten Bekasi Uju pada Jumat (22/6/2018). Ia membeberkan sejumlah alasan di balik …