BUMN Percayai Indramayu Sebagai Percontohan Layanan Ini

Menteri BUMN, Rini M Soemarno, usai melakukan tanam padi bersama di Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu, Kamis (11/1). FOTO:UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

Menteri BUMN, Rini M Soemarno, usai melakukan tanam padi bersama di Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu, Kamis (11/1). FOTO:UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

POJOKJABAR.com, INDRAMAYU– Kabupaten Indramayu adalah percontohan digulirkannya layanan kewirausahaan petani tersebut oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) .

BUMN memang tengah mendorong kewirausahaan petani melalui digitalisasi sistem dan korporatisasi pertanian. Hal ini guna meningkatkan kesejahteraan petani.

Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan, sebanyak 11 daerah di Jabar yang akan menjalani program tersebut. Selain Kabupaten Indramayu, daerah lainnya di antaranya Karawang, Majalengka, Ciamis, dan Cianjur. “Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu ini jadi pilot project untuk program kewirausahaan petani,” kata Rini, saat menghadiri Peresmian Kewirausahaan Petani Sliyeg yang dilanjutkan dengan Penanaman Padi, di Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Kamis (11/1).

Rini menjelaskan, di Kecamatan Sliyeg ada 14 desa dengan jumlah petani yang mencapai sekitar 7.000 orang dan luas lahan 4.384 hektare. Di setiap desa itu, ada BUMDes sehingga total ada 14 BUMDes di Kecamatan Sliyeg. Di tingkat kecamatan lantas dibentuk Mitra BUMDes Bersama (MBB) Kecamatan Sliyeg.

Menurut Rini, berbagai BUMN ikut jadi pemegang saham dari MBB Sliyeg tersebut. Para BUMN itu berperan membantu petani sejak sebelum tanam, masa tanam, masa panen dan pascapanen, sesuai tupoksinya masing-masing.

Baca juga: Rp10 Ribu yang Bikin Efek ‘Ngefly’

“Melalui layanan kewirausahaan petani dan digitalisasi sistem pertanian, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pangan dan kesejahteraan petani kecil,” kata Rini.

Digitalisasi sistem pertanian yang diinisiasi oleh PT Telkom dan diluncurkan sejak Maret 2017 itu dilakukan melalui empat tahap yakni pra-tanam dengan penerapan asuransi usaha tani dan kredit usaha rakyat. Hal tersebut merupakan wujud sinergi PT Jasindo, PT Askrindo dan Himpunan Bank Negara (Himbara).


loading...

Feeds

Ilustrasi Pilkades

Bakal Calon Kades Setia Mekar Mundur

SALAH seorang bakal Calon Kepala Desa Setia Mekar, Kecamatan Tambun Selatan, memilih mengundurkan diri dari peroses pencalonan saat hari terakhir …