Jokowi Berharap Besar pada Karawang, Ini Dia

Kawasan Industri Karawang (ilustrasi)

Kawasan Industri Karawang (ilustrasi)

POJOKJABAR.com, KARAWANG

– Jokowi menaruh harapan Kabupaten Karawang menjadi kantong pertumbuhan ekonomi baru sesuai arah kebijakan dari presiden. Maka komitmen pemerintah terus mendorong pembangunan kawasan industri di Karawang dan sekitarnya yang ditopang berbagai infrastruktur strategis.

Direktur Jenderal Pengembangan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan pada acara KNIC Groundbreaking Ceremony, Karawang, Jawa Barat, Rabu (6/12/2017) menyampaikan bahwa prioritas pembangunan di Jawa Barat saat ini adalah kawasan industri. Kini, Pengembangan Karawang New Industry City (KNIC) dapat menjadi momentum untuk pembangunan kawasan industri baru berkelas dunia yang mampu mendorong inovasi dan pertumbuhan di Karawang.

“Kawasan industri memegang peranan yang sangat strategis dalam mendorong pertumbuhan industri di suatu wilayah karena memberikan beberapa keuntungan yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi regional yang lebih tinggi,” kata Putu dalam sambutannya.

Harapannya, kelak mendorong inovasi dan turut berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah serta menciptakan multiplier-effect yang bermanfaat bagi perkembangan sosio-ekonomi di Karawang dan daerah sekitarnya.

Konsep KNIC berupa kawasan industri yang merupakan salah satu bagian dari pengembangan kota industri terintegrasi kelas dunia. Rencananya akan terdiri dari lima industry park, yaitu Material Konstruksi (Construction Materials), Otomotive (Automotive), Elektronik (Consumer Electronics), Logistik (Logistics Services), serta UKM & Inovasi (SME & Innovation).

Tujuan ke depan terdorongnya pengembangan kawasan industri yang atraktif sebagai pendekatan pengembangan wilayah untuk mempercepat pemulihan industri agar tidak menimbulkan pemutusan hubungan kerja dan meningkatkan daya saing industri agar sejajar dengan negara-negara lain.

“Pembangunan kawasan industri juga dapat menjadi motor penggerak dalam rangka mewujudkan pembangunan industri yang menyebar dan merata ke seluruh wilayah,” ujar Putu.

(mar/pojokjabar)


loading...

Feeds

Pepen-Tri

Pepen-Tri Dilantik 20 September

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka pengumuman dan usul pengesahan pengangkatan pasangan calon …
Seribu Rasa

Seribu Rasa Hadir di Bekasi

RESTORAN Seribu Rasa membuka cabang ke-9 di kawasan Summarecon Bekasi, tepatnya di JalanBulevar Timur Blok VA nomor 25, seberang Summarecon …