Pengidap HIV/AIDS Karawang Bertambah, Kasus Didominasi Ibu Rumah Tangga

Kasus HIV/AIDS bertambah di Karawang (ilustrasi)

Kasus HIV/AIDS bertambah di Karawang (ilustrasi)

POJOKJABAR.com, KARAWANG – Kasus HIV/AIDS masih terus terjadi di wilayah Kabupaten Karawang. Menurut Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karawang, pengidap HIV/AIDS didominasi oleh ibu rumah tangga dan karyawan.

Hal tersebut tentunya menjadi hal yang ironis bagi masyarakat. Dari 30 kecamatan yang ada, empat diantaranya dianggap rawan dengan HIV/AIDS.
“Kecamatan Karawang Barat, Karawang Timur, Rengasdengklok dan Teluk jambe,” kata staff KPA, Yana Aryana Kamis (18/5/2017).

Dari data yang dihimpun, sebanyak enam kasus telah terjadi di Karawang Barat dan enam kasus di Karawang Timur. Sementara lima kasus lainnya terjadi di Rengasdengklok dan sembilan kasus di Teluk jambe.

Di Kabupaten Karawang sendiri data Januari sampai April 2017 setidaknya tercatat penambahan 71 orang yang mengidap HIV/AIDS. Ia mengatakan, dari banyak faktor yang ada, penularan terbanyak berasal dari hubungan seks bebas.

“Dari 71 kasus, lima dari buruh, dua mahasiswa, dua pelajar dan 22 lainnya ibu rumah tangga dan karyawan,” ungkapnya.

Ironisnya, seks bebas tersebut banyak berasal dari hubungan sesama jenis. Faktor terbanyak lainnya yakni penggunaan jarum suntik yang tidak steril. Selain itu, lanjutnya, rata-rata usia pengidap yang diketahui yakni mulai 20 hingga 29 tahun.

Dengan demikian, kata dia, pengidap yang tercatat di Kabupaten Karawang ada 742 orang. Untuk menanggulangi penambahan kasus tersebut, pihaknya terys gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami terus kampanyekan dan sosialisasi tentang bahaya dan pencegahan HIV/AIDS,” pungkasnya.

(ana/pojokjabar)



loading...

Feeds