Baznas Majalengka Tetapkan Zakat Fitrah 27.500 Rupiah, Ini Penjelasannya

penetapan zakat fitrah wilayah Majalengka 27.500 untuk setiap jiwanya (ilustrasi)

penetapan zakat fitrah wilayah Majalengka 27.500 untuk setiap jiwanya (ilustrasi)

POJOKJABAR.com, MAJALENGKA – Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Umat Islam sudah mulai mempersiapkan banyak hal untuk menyambutnya. Nah, bagi masyarakat Majalengka, hal ini juga harus diketahui.

Mulai tahun ini, zakat fitrah mengalami kenaikan sebesar 2.500 rupiah. Hal tersebut ditetapkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Majalengka. Kenaikan zakat fitrah tersebut bukan tanpa alasan.

Menurut Ketua Baznas Kabupaten Majalengka, Agus Yadi Ismail jumlah yang ada adalah hasil konversi 2,5 kilogram beras. Dengan asumi 11 ribu rupiah per kilogramnya.
“Jadi, zakat fitrah untuk setiap jiwa ditetapkan 27.500 rupiah tahun ini,” ungkapnya.

Hal tersebut tentu berbeda dengan tahun sebelumnya yang ditetapkan 25 ribu rupiah setiap jiwanya. Sebelum melakukan penetapan, pihaknya telah melakukan kajian ke pasar mengenai harga kebutuhan pokok yang ada. Dari hasil yang didapat, harga bahan pokok dalam hal ini nasi yang biasa dikonsumsi mayoritas masyarakat mengalami kenaikan.

Untuk pembayaran zakat fitrah sendiri dapat dibayarkan mulai awal Ramadhan sampai menjelang Idul Fitri. Ia mengatakan, hal ini perlu dipublikasihkan agar masyarakat paham tentang penetapan yang ada.
“Jadi masyarakat tidak kaget kalau ada kenaikan dari tahun lalu,” pungkasnya.

(ana/azs/rcb/pojokjabar)



loading...

Feeds