Angka Kematian Ibu Hamil di Tasikmalaya Tertinggi di Jabar

kematian ibu hamil, berita terbaru, berita terkini

ilustrasi

POJOKSATU.id, MANGKUBUMI – Angka kematian ibu hamil di Kota Tasikmalaya tertinggi di Jawa Barat. Hal tersebut merupakan bukti bahwa upaya Pemerintah Kota Tasikmalaya menurunkan jumlah Angka Kematian Ibu (AKI) hamil masih jauh dari harapan. Padahal, menurut target pembangunan milenium (MDG) jumlah kematian ibu harus mencapai 102 per 100.000 kelahiran hidup.

Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Kesehatan AKI Kota Tasikmalaya kini menduduki peringkat pertama di Jawa Barat dengan jumlah kematian sebanyak 29 orang sejak tahun 2014.

”Untuk tahun 2015 saja, sudah ada 7 orang ibu hamil yang meninggal,” ujar Kepala Seksi Kesehatan Ibu dan Anak Dinas Ke­se­hatan Kota Tasikmalaya Nana Ernawati yang ditemui di sela sosialisasi di GOR Cipari, Mangkubumi, seperti dilansir Radar Tasikkmalaya, Kamis (9/4/2015).

Menurutnya, tingginya angka ke­ma­tian ibu hamil tersebut akibat kurangnya pemahaman masyarakat khususnya saat persalinan. ”Tapi penyebab tingginya kematian ibu tak hanya pendarahan yang di­ala­mi ketika persalinan, namun ada berbagai penyebab lainnya. Seperti infeksi dan hipertensi,” tuturnya.

Untuk itu, agar kesadaran masyarakat meningkat soal kematian ibu hamil. Pihaknya kini gencar melakukan sosialisasi seminggu sekali ke setiap kelurahan. ”Kita ingin masyarakat paham dan mengetahui bagaimana cara persalinan yang sehat,” ungkapnya.

Dia berharap tokoh masyarakat dan lembaga swa­daya masyarakat bisa ikut serta menyosialisasikan cara mencegah kematian ibu hamil. ”Ini menjadi pekerjaan rumah kita semua, sebab untuk mengatasinya diperlukan kerjasam semua pihak,” tandasnya.

(obi)

Feeds