Perbaikan Jalan Rusak Cuma Bertahan Sebulan

jalan rusak, berita terkini karawang

Jalan Taruno berbulan-bulan dibiarkan rusak.

POJOKSATU.id, KARAWANG – Jalan rusak  di Jl dr Taruno Kelurahan Adiarsa Barat, Karawang Barat, sudah berbulan-bulan tanpa perbaikan. Padahal, jalan ini kerap menelan korban.

”Sudah belasan pengendara motor yang celaka gara gara jalan berlubang itu,” kata Kamal (25) warga Perum Taruno, Karawang Barat, saat ditemui di perparkiran Alfamart Taruno.

Menurutnya, Pemkab maupun warga setempat sudah berulangkali melakukan perbaikan agar jalan tersebut mulus. Namun perbaikan jalan tersebut hanya bertahan sekitar satu bulan karena bulan berikutnya sudah timbul lubang-lubang kecil yang pada akhirnya membesar dan semakin dalam.

“Sejak Januari sampai dengan hari ini sudah ada lima kali perbaikan tapi tetap saja jalannya berlubang,” ujarnya.

Perbaikan jalan dengaan cara gotong royong atau dengan meminta kesadaran masyarakat terutama warga yang hendak membangun gedung atau rumah untuk menyerahkan sebagaian dari material bahan bangunannya untuk memperbaiki jalaan tersebut sudah sering dilakukan.

Tapi, sambungnya, lagi-lagi kerja bakti tersebut hasilnya hanya bertahan beberapa hari saja.
“Perbaikan jalan tanpa dibarengi dengan perbaikan saluran hasilnya akan begitu-begitu saja,” tegasnya.

Kamal mengaku tidak habis pikir dengan sikap aparatur pemerintah yang sering melintasi ruas jalan tersebut. Pejabat Pemkab tersebut dianggapnya tidak memberikan solusi atau perhatian untuk mengantisipasi kerusakan jalan  saat melintas ruas jalan tersebut.

“Padahal, kalau menurut saya  kerusakan jalan itu lebih disebabkan karena tidak berfungsinya saluran pembuang. Lihatnya saja, air dari saluran terus meluber ke jalan,” ucapnya.

Jika memang pemerintah punya niatan untuk memperbaiki ruas jalan yang rusak  ini, pemerintah harus terlebih dahulu membangun saluran pembuang  di sepanjang sisi kiri dan kanan jalan. Jika saluran pembuang tetap tidak dibangun, sudah pasti ruas jalan ini akan kembali rusak dan akan senantiasa tergenang.

“Intinya jalan rusak ini karena terus menerus tergenang air,” ucapnya.

(ops)

Feeds