Pemkab Karawang Ditantang Berani Tekan Pertamina

Pelabuhan Cilamaya, Berita Terkini Karawang

Ilustrasi pelabuhan. | Foto: Dokumen

POJOKSATU.id, KARAWANG – Anggota DPRD Kabupaten Karawang Jimmy Ahmad Zamakhsyari melihat Pemerintah Kabupaten Karawang telah dibohongi Pertamina terkait bagi hasil dari produksi minyak yang membentang di wilayah Karawang.

“Pertanyakan juga ke Pertamina, bagi hasil hanya Rp 47 miliar per tahun dari ribuan barel. Kenapa setor segitu saja atau jangan-jangan mereka mengalirkan gas ke daerah lain. Kalau alasan Pertamina, tekan Pertamina. Ini otonomi daerah. PAD Karawang seharusnya jadi besar,” ujar ketua DPC PKB Karawang ini.

Selain itu, alasan adanya pipa Pertamina sehingga batalnya pelabuhan di Karawang, merupakan waktu yang tepat bagi Pemerintah Kabupaten Karawang untuk menekan Pertamina terkait bagi hasil produksi.

“Kalau Pertamina ngotot tekan saja Pertaminanya, memang jelas bagi hasil selama ini kan tidak jelas. Kalau saya jadi Plt bupati ini momentum negosiasi dengan Pertamnina, jadi terbuka semuanya,” tandasnya.

Sebelumnya, Humas Pusat PT Pertamina (Persero) Wianda Puspa Negoro mengaku, soal bagi hasil ia persilahkan tanyakan ke Kementerian Keuangan dan Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM).

“Aturannya ada di kementerian, silahkan ditanyakan,” ujarnya.

(rud/vid)

Feeds