Titik Kemacetan Karawang Kian Bertambah

berita terkini karawang, berita terbaru karawang

Ilustrasi Kemacetan di Karawang. | Grafis: Radar Karawang

POJOKSATU.id, KARAWANG – Sudah tiga kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) belum mampu mengatasi sejumlah kemacetan di Karawang. Sejumlah kalangan berharap Kepala Dishubkominfo baru Aip S Chalil bisa membawa perubahan.

Ketua Komisi C DPRD Karawang Natala Sumedha menilai, kemacetan yang selama ini terjadi sudah harus mendapat perhatian serius. Karena jika terus dibiarkan, kemacetan di seluruh titik kemacetan di Karawang akan semakin parah. Ia berharap kepala dinas anyar di perhubungan ini lebih banyak turun ke jalan untuk memantau langsung.

“Intinya kami minta Dishub dibawah komando yang baru (Aip S Chalil) harus lebih aktif turun ke lapangan,” urainya.

Komisi yang membidangi terkait perhubungan ini juga menegaskan, penegakkan aturan diharapkan semakin ditingkatkan. Apalagi terkait parkir liar, saat ini menjadi salah satu biang keladi kemacetan.

“Dan menegakan aturan terkait parkir liar yang menjadi sumber kemacetan,” tegas Natala.

Pengamat kebijakan publik, M. Iqbal menilai, saat ini Karawang membutuhkan kinerja nyata dari Kadishubkominfo untuk mengatasi kemacetan yang ada di Karawang. Karena jika tidak dari sekarang diminimalisir, dapat dipastikan kedepan kemacetan akan semakin parah.

“Kerja nyata yang dibutuhkan, bukan hanya meratapi masalah kemacetan,” kata dia.

Sementara itu, Kadishubkominfo Kabupaten Karawang Aip S Chalil menegaskan, untuk mengatasi kemacetan pihaknya akan mengoptimalkan pegawainya untuk terjun ke lapangan, untuk melakukan pengaturan lalu lintas.

“Akan mengoptimalkan gatur lalin saat kemacetan,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, akan melihat secara langsung kondisi kemacetan di Karawang. Sehingga tidak hanya menerima laporan kemacetan, agar bisa langsung menganalisa untuk mencari solusinya. Bahkan, untuk petugas pengendalian dan operasi (Dal Ops) Dishub, ia perintahkan jangan duduk-duduk di kantor saja, tapi turun ke lapangan.

“Kita akan maksimalkan petugas kita, jangan hanya di kantor. Kita harus ke lapangan biar tahu kondisi lapangan,” seru Aip.

Menurut catatan Radar Karawang (Pojoksatu.id Grup), tahun 2011 kemacetan sudah mulai bermunculan di sejumlah titik. Dan hingga kini titik kemacetan terus bertambah, seiring dengan volume kendaraan yang meningkat, ditambah menjamurnya perusahaan membuat arus lalu lintas semakin padat.

Pada tahun 2011 hingga 2013 kepala dinas dijabat oleh Rokhuyun A Santosa, namun kemacetan juga belum juga diselesaikan. Lalu berganti kepemimpinan di tahun 2013 hingga 2015 oleh Setya Dharma. Kondisinya tak berubah jauh, sejumlah titik kemacetan belum bisa terurai. Dan akhirnya, di tahun 2015 ini Kadishub baru yaitu Aip S diharapkan bisa mengurai kemacetan di Karawang.

 (vid)

Feeds