Bakso Cuanki, Bikin Ngiler

Bakso cuanki

Bakso cuanki

POJOKSATU.id, BOGOR – Bakso cuanki rasanya tak kalah nikmat dengan bakso Malang. Konon, bakso yang bikin ngiler ini disebut-sebut berasal dari China karena namanya mirip bahasa China. Tapi, ternyata si dagung bundar itu ternyata dari Bandung, Jawa Barat.

Bakso cuanki tersebut di beberapa tempat dijajakkan dengan asongan berkeliling menyusuri jalan dan perumahan. Penjual siap berhenti memenuhi pembeli dan pelanggan.

Karena cara menjualnya secara asongan dan berjalan kaki kesana-kemari tu, dari situlah muncul nama bakso ini, yaitu cuanki (cari uang jalan kaki). Begitu menurut Alan, salah seorang penjual di Bogor, Kamis (9/4/2015).

Bakso ini disajikan dengan tahu, batagor, dan somay selain bakso itu sendiri sebagai bahan utamanya. Yang berbeda, baksonya terbuat dari ikan dan kuahnya juga terbuat dari rebusan tulang ikan. Bawang goreng, irisan daun bawang, seledri, dan saus menambah aroma dan rasanya jadi ngiler.

Alan menambahkan, menjual bakso cuanki tidak sembarangan dan bebas. Untuk dapat menjual bakso tersebut, Alan mengaku harus daftar ke agen yang sudah menyiapkan bahan baku lengkap dengan gerobak tanggungan.

“Kebetulan saya agen, ada 15 orang yang menjual bakso ini di kelompok saya. Untuk bahan baku didapat dari agen distribusi bahan baku dan bahan bakso cuanki hanya dijual kepada mereka yang sudah mendapat izin usaha,” tutur Alan saat melayani pelanggan di pemberhentian sekitar Babakan Madang.

“Usaha ini, seperti franchise. Yang mau jualan seperti saya, bisa menghubuni saya tanpa menyiapkan peralatan dan bahan baku, cukup menjual. Kalau sudah lancar, selanjutnya beli,” tambahnya.

Bakso cuanki dihargai beragam, dari mulai 5 ribu per/porsi sampai 10 ribu rupiah. (cr2)

Feeds